Thursday, November 5, 2020

STANDAR BAIK DAN BURUK BERDASARKAN AJARAN AKHLAK MORAL DAN ETIKA

 SRI MULIANI

BAB ll (Dua)

PEMBAHASAN

1 PENGERTIAN BAIK DAN BURUK

Pengertian baik secara bahasa adalah terjemahan dari kata khoir dalam bahasa Arab, atau good dalam bahasa Inggris. Louis Ma`luf dalam kitab Munjid, mengatakan bahwa yang disebut baik adalah sesuatu yang telah mencapai kesempurnaan. Selanjutnya, yang baik itu juga adalah sesuatu yang mempunyai nilai kebenaran atau nilai yang diharapkan dan memberikan kepuasan. Yang baik itu juga sesuatu yang sesuai dengan keinginan. Dan yang disebut baik itu adalah sesuatu yang mendatangkan rahmat, memberikan perasaan senang atau bahagia. Adapula pendapat bahwa yang disebut baik atau kebaikan adalah sesuatu yang diinginkan, diusahakan dan menjadi tujuan manusia. Tingkah laku manusia adalah baik, apabila hal tersebut menuju kesempurnaan manusia. Sedangkan kebaikan disebut nilai (value), apabila kebaikan itu bagi seseorang menjadi kebaikan yang kongkrit.

Dalam bahasa Arab, yang buruk itu dikenal dengan istilah syarr. Dan diartikan dengan sesuatu yang tidak baik, tidak seperti yang seharusnya, tak sempurna dalam kualitas, dibawah standar, kurang dalam nilai, keji jahat, tidak bermoral dan perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma masyarakat  yang berlaku. Dengan demikian yang dikatakan buruk itu adalah sesuatu yang dinilai sebaliknya dari yang baik.

 

2.STANDAR BAIK DAN BURUK BERDASARKAN AJARAN AKHLAK MORAL DAN ETIKA

Di dalam diri manusia ada dua potensi:ada potensi baik dan buruk.ada Akhlak baik ada Akhlak buruk.

 

Definisi Akhlak yang termaktub dalam kitab ihya Ulumuddin yaitu kitabnya imam Al-Ghazali,imam Al-Ghazali menjelaskan bahwa akhlak itu adalah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa seseorang.

Standar yang baik dan buruk adalah adalah Al Qur’an hadits, dimana ad konsep agama maka disitulah ada standar baik dan buruknya,dalam belajar itu ada fardhu’ain,fardhu kifayah,sunah,hal”yang berhubungan dengan aqidah, fiqh, Tasawuf, itu adalah wajib.

Di dalam aqidah mutlak wajib Seseorang untuk mengetahuinya sehingga dia terlepas daripada taqlik.Taqlik itu adalah mengikuti secara membabi buta kan syar’i nya.

 

Dalam fiqh ini ada dua ilmu,:hal,dan muajjal.Ilmu hal adalah ilmu yang senantiasa ilmu yang silabus, tata cara kita berpakaian tersebut seperti shalat maka kita wajib untuk mengetahuinya tentang halal haram bagaimana membersihkan makanan,ikan,dan sebagainya secara syar’i.

 

A.Akhlak baik dan akhlak buruk

1.Macam-macam Akhlak baik

*At-Taqwa, merupakan melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-nya Allah SWT.

 

*Al-ahfal, merupakan kelembutan,berjinak-jinak lembut dengan manusia dan senang dengan mereka.

 

*Al-aqah atau persaudaraan merupakan suatu ikatan antara dua orang yang sudah pasti rasanya kasih sayang antara keduanya.

 

*As-siddiq atau benar merupakan mengabarkan sesuatu dengan sesuai realita.

 

*Al-amanah merupakan mendirikan hak Allah dan hak hambanya Allah di dalam hidup ada 2 hak:-yang berhubungan dengan Allah SWT dan

-yang berhubungan dengan anak Adam atau manusia.untuk mengetahui hak tersebut ini kita harus belajar fiqh

 

*Al-Fath terpelihara merupakan satu sifat untuk mencegah orang dari pada haram, dan kehinaan syahwat, iffah itu adalah satu sifat untuk mencegah seseorang dari pada perbuatan yang diharamkan oleh Allah SWT.

 

*Al-muruah atau Marwah merupakan suatu sifat yang mengajak seseorang untuk berjalan dengan kemuliaan akhlak dan Kebagusan sikap.

 

*Al-hilmu lemah lembut merupakan sifat yang membuat seseorang meninggal kan penyiksaan terhadap orang yang marah kepada dirinya padahal dia mampu membalasnya.

 

*Az-zahaq dermawan merupakan memberikan harta dengan tiada satu masalah dan tidak menuntut untuk diberikan kembali kepada dirinya.

 

*At-tawazuq merendahkan diri merupakan rendah hati, rendah diri yang tidak membuat diri seseorang menjadi hina.

 

2.Akhlakb buruk

*Al-khiziq atau dusta merupakan mengabarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan realita.

 

*Al-hibbu atau licik merupakan menyembunyikan keburukan dan merencanakan untuk menyakiti.

 

*Al-hasad atau dengki merupakan berencana, bercita-cita untuk menghilangkan nikmat yang dimiliki oleh orang lain.

 

*Al-lagibah merupakan yang dibencikan oleh saudaramu yang dihibahkan walaupun di depannya.ghibah itu tidak mesti di belakang di depanpun.walau apa yang kita sebut dia benci itu juga dinamakan ghibah.[1]

 

BAB lll(tiga) PENUTUPAN

KESIMPULAN

Setelah kita baca makalalah di atas maka dapat kita ketahui bahwasanya Akhlak, Etika dan Moral adalah suatu yang harus kita perhatikan dalam kehidupan kita di dunia ini, dan bahwasanya baik dan buruk itu tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari, kapanpun, dimanapun, dan waktu apapun itu.Standar baik dan buruk berdasarkan ajaran akhlak moral dan etika, akhlak baik dan akhlak buruk dan ada macam-macam nya di antaranya akhlak baik: At taqwa,Al ahfal,Al aqah,As Siddiq,Al Amanah,Al Fath,Al muru’ah,Al hilmu,AZ zahaq,At tawazuq, dan akhlak buruk:Al khizik, Al hibbu,Al Hadad,Al laghibah.

 

SARAN

Dengan adanya makalah ini diharapkan pembaca mengetahui Baik dan Buruk dalam Pembelajaran Akhlak Tasawuf dan juga mengetahui standar baik dan buruk berdasarkan ajaran akhlak moral dan etika .Saya menyadari bahwa makalah yang disusun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu kritik, saran, dan masukan yang sifatnya membangun sangatlah kami harapkan untuk baiknya makalah ini kedepannya.

 

  

DAFTAR PUSTAKA

 

Al Baqir, Muhammad. 1994. Membentuk Akhlak Mulia. Bandung: Karisma.

Mustofa, Akhmad. 1999. Akhlak Tasawuf. Bandung:CV pustaka setia

Nata, Abidin. 1996. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.



[1] Al  khizik : menggambarkan seseuatu yg tidak tidak sesuai kenyataan

Al hibbu : menyembunyikan keburukan

Al hasad : berencana untuk menghilangkan sesuatu yg dimiliki orang lain

Al laghibah :  menceritakan orang lain di belakang nya

At tawazuq : rendah hati

Al zahaq : memberikan barang atau harta dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan

Al hilmu : meninggalkan penyiksaan kepada dirinya padahal dia mampu membalas nya

Al muru’ah : mengajak seseorang untuk berbuat baik

Al Fath : mencegah seseorang untuk tidak melakukan hal yang di haramkan oleh Allah SWT

Al amanah : mendirikan hak Allah dan hak hambanya

As Siddiq : menggambarkan seseuatu sesuai kenyataan

Al aqah : lembah lembut pada semua orang

At taqwa : melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi larangan-nya

0 komentar:

Post a Comment