Monday, November 9, 2020

PERBUATAN YANG MENCAKUP AKHLAK, MORAL & ETIKA

 Aisa Rahmadani

Pembahasan

 

PERBUATAN YANG MENCAKUP AKHLAK, MORAL DAN ETIKA

 

     Bukan lagi hal yang asing saat kita mendengar pemakaian kata-kata kata-kata akhlak, moral dan etika karna ketiga hal ini sangat berperan penting dalam bertingkah laku. Kita menyadari bahwa akhlak, moral dan etika bangsa saat ini terutama remajanya sangat memprihatinkan sehingga kita harus memfokuskan untuk membahas secara mendalam tentang realitas akhlak yang menjadi fenomena dikalangan remaja bangsa kita pada umumnya sesuai dengan norma pada khususnya.

 

Akhlak dan Contoh Perbuatannya

     Akhlak berasal dari bahasa arab اَلْخُلْقَ yang berarti sikap atau tingkah laku  Akhlak merupakan perangai yang melekat pada diri seseorang yang dapat memunculkan perbuatan baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu. Sedangkan sebagian ulama mengatakan akhlak itu adalah suatu sifat yang tertanam didalam jiwa seseorang dan sifat itu akan timbul setiap ia bertindak tanpa merasa sulit (timbul dengan mudah) karena sudah menjadi budaya sehari-hari. Contoh perbuatan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari ;

     1. Menghormati orang yang lebih tua. Dengan tidak memotong pembicaraannya, mendahului langkah atau jalannya, membiarkan yang lebih tua dahulu dalam melakukan sesuatu.

     2. Menghargai orang yang lebih muda. Tidak meremehkan danmerendahkannya, karena bisa jadi ilmunya lebih dari kita,  2 juga tidak boleh menindasnya karena sudah ada kebencian dan rasa tidak suka kita kepadanya.

3. Berkata lemah lembut kepada orang yang lebih tua, apalagi disaat orang tua kita telah tua, maka mereka akan lebih sensitif.

4. jika kita tidak memperhatikan sikap kita terhadap kedua orang tua kita.                                                                                                 

5. Bersikap dengan kasih sayang kepada orang yang lebih muda, sebagai manusia yang mempunyai akhlak baik tentunya akan menyanyangi orang-orang yang lebih muda darinya.

6. Memberikan hadiah kepada orang lain baik, tidak hanya saat hari spesial saja tapi juga saat adanya prestasi-pretasi positif yang didapatkan ataupun karena sebab-sebab yang lainnya.

7. Menjenguk teman dan saudara yang sedang sakit, islam juga mensunnahkan perilaku ini, karena dengan menjenguk kita juga menyenangkan hatinya yang sedang susah karena merasakan sakit8. Bersedekah dikala lapang dan sempit, jangan saat kita tidak berkelimpahan uang kita berhenti berbagi, karena sedekah bukan hanya sekedar uang saja.

9. Memberi makan orang yang kelaparan, karena disebagian harta kita ada hak-hak orang lain salah satunya yang sedang mengalami musibah kelaparan.

10. Memberi kepada orang yang membutuhkan, saat ini kita banyak melihat orang-orang berbagi namun sedikit yang tepat sasaran, namun ada pula yang masih tidak peduli sama sekali dengan keadaan orang lain.                                                                             

11. Membuang sampah pada tempatnya.                              

12. Berlaku adil kepada setiap orang.

13. Memenuhi hak seseorang, karena setiap manusia mempunyai    3

hak, bahkan sejak lahir telah  diberikan hak baginya oleh Allah.

 

Moral dan Contoh Perbuatannya

     Moral secara bahasa berasal dari ungkapan bahasa latin moresyang atau mos yang berarti adat kebiasaan atau cara hidup. Dalam istilah dikatakan bahwa moral adalah penentuan baik buruk terhadap perbuatan dan kelakuan. Moral merupakan kaidah norma dan pranata yang mengatur perilaku individu dalam hubungannya dengan masyarakat. Contoh perbuatannya yaitu ;

1.    Membuang sampah pada tempatnya, perilaku ini mudah dilakukan, malah dengan tidak melakukannya akan mendatangkan hal negatif seperti banjir.

2.    Menjalankan perintah agama sesuai yang dianut, agar menjadi orang yang bermoral seharusnya mengindahkan peraturannya karena baik untuk dilaksanakan dan berguna bagi diri sendiri.

3.    Menaati peraturan yang ada, peraturan dibuat untuk ditaati bukan untuk dilanggar karena peraturan dibuat untuk menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan.

4.    Menghormati dan menerapkan sikap sopan santun karena sifat ini merupakan cerminan karakter baik yang sebenarnya pada seseorang.

5.    Tidak membuat kerusuhan, kerusuhan adalah keadaan dimana terjadi kekacauan dalam masyarakat. Kerusuhan juga diartikan kondisi dimana nilai dan norma yang ada tidak berfungsi, karena itu menjaga lingkungan tetap tentram adalah kewajiban dari setiap individu dalam masyarakat.

 

                                                                                                              4

 

Etika dan Contoh Perbuatannya

     Dari segi etimologi(bahasa), etika berasal dari bahasa yunani “ethos” yang berarti watak kesusilaan atau adat. Etika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan-perbuatan yang dilakukan oleh manusia untuk dikatakan baik atau buruk, dengan kata lain aturan ataupun pola-pola dari tingkah laku yang dihasilkan oleh manusia, etika itu bersifat relatif yaitu dapat berubah-ubah sesuai dengan kemajuan zaman. Karena adanya etika pergaulan dalam masyarakat/bermasyarakat akan terlihat baik dan buruknya. Contoh perbuatannya yaitu ;

1.    Hormati perasaan orang lain, tidak mencoba menghina atau menilai mereka yang cacat.

2.    Etika bergaul, mendudukkan orang lain pada kedudukannya masing-masing dan masing-masing dari mereka diberi hak dan dihargai.

3.    Bermuka manis dan tersenyumlah bila anda bertemu orang lain.

4.    Berbicaralah kepada orang lain sesuai dengan kemampuan akal mereka.

5.    Berbaik sangkalah kepada orang lain, hal ini juga Allah sebutka  dalam Al-quran agar kita tidak sembarangan dan seenaknya berburuk sangka kepada orang lain, hal ini bukan hanya merugikan orang lain tapi juga diri sendiri karena membuat hati kita was-was dan tidak tenang dan janganlah mencurigai dengan memata-matai mereka.

6.    Memaafkan kekeliruan orang lain,   

                                                                                                              5

7.    janganlah mencari-cari kesalahan-kesalahan orang lain dan tahanlah rasa benci terhadap mereka.

8.    Berjalan dengan sikap wajar dan tawadhu', tidak sombong atau mengalihkan wajah dari orang lain karena takabur. Memelihara pandangan mata baik bagi laki-laki maupun perempuan.

9.    Memjawab salam orang yang dikenal ataupun yang tidak dikenal, serta beramar ma'ruf nahi munkar.                                    

10.                       Perempuan hendaknya berjalan dipinggir jalan, karena terdapat dalam hadis yang menyebutkan hal ini, dan merupakan etika baik bagi perempuan untuk melakukannya.

11.                       Berupaya untuk mencari makanan yang halal dan hendaklah setiap makan dan minum yang kamu lakukan diniatkan dengan ibadah agar dapat kebaikan.

12.                       Jangan makan sambil bersandar atau dalam keadaan menyungkur, namun duduklah dengan benar di lantai.

13.                       Memulai makan dan minum dengan bismillah dan dengan tangan yang kanan. Sesudah makan dianjurkan menjilati jari-

14.                       jari tangan, dan telah dibuktikan secara ilmiah bahwa ada kebaikan dengan melakukannya.

15.                       Hendaknya pembicaraan selalu didalam kebaikan, ungkapannya jelas dapat dipahami oleh semua orang dan tidak dibuat-buat atau dipaksa-paksa kan.

16.                       Janganlah kamu membicarakan semua yang kamu dengar. Namun sampaikanlah yang benar dan baik tanpa dikurangi atau bahkan di lebih-lebihkan.

17.                       Menghindari perdebatan dan saling membantah, sekalipun kamu di pihak yang benar. Karena saling membantah tidak akan menemukan titik terang, 6      karenasetiap orang mempunyai pendapatnya masing-masing.

18.                       Jangan memonopoli dalam berbicara tetapi berikanlah kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Maksudnya tidak memotong pembicaraan orang lain, dan orang lain juga akan mendengarkan pembicaraan kita jika kita mau  mendengarkan pembicaraan orang lain.

19.                       Menghormati tetangga & berperilaku baik terhadap mereka, tidak menyalakan musik dengan volume tinggi, membuat kegaduhan. Juga menjaga hartanya saat ia tidak berada dirumah.

20.                       Memelihara hak-hak bertetangga dengan tidak menzalimi mereka.Tidak Merugikannya dari segi apapun baik hartanya, kenyamanannya dan juga aibnya.

21.                       Hendaknya kita ulurkan tangan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Karena dengan membantu orang lain kita bisa mendapat hikmah kehidupan dan ganjaran dari yang maha kuasa.

22.                       Selalu bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya. Tanggung jawab sangat dijunjung tinggi ditengah-tengah masyarakat.

23.                       Tidak bertindak semena-mena terhadap orang miskin dan orang yang lemah.

 

 

 

 

  7[1]

Kesimpulan

Sebagai seorang manusia tentunya kita semua mempunyai kesalahan tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, namun tentu kita diberi akal & pikiran oleh Allah Swt untuk bisa membedakan antara yang benar dan yang salah yang hak dan yang batil. Oleh karena itu kita tidak bisa hanya sekedar memaklumi kesalahan kita saja namun gunakanlah apa yang telah diberikan Allah untuk kita supaya bisa menjadi manusia yang setidaknya 1 persen lebih baik diantara manusia lainnya. Dengan mempelajari akhlak, moral dan etika tentunya kita bisa membedakan bagaimana yang baik dan yang buruk dan bisa mengambil agar dijadikan tolak ukur dalam bertingkah laku.

 

Wassalamu'alaikum wr. Wb.

 

 



[1] Moral adalah ajaran atau rujukan tentang bagaimana harusnya bertingkah laku ataupun bersikap dalam berkehidupan dalam masyarakat, sedangkan etika ialah tentang perilaku yang seharusnya dilakukan.

0 komentar:

Post a Comment