Friday, November 27, 2020

Resume Aliran-Aliran Tashawuf Unit 2

 1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?

2. Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?

3. Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?

4. Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?

36 komentar:

  1. Nama : Lala afrizia
    Unit : 2
    Nim : 202021040

    Jawaban :
    1. Tasawuf Falsafi adalah sebuah konsep ajaran tasawuf yang mengenal Tuhan (ma'rifat) dengan pendekatan rasio (filsafat) hingga menuju ketingkat yang lebih tinggi, bukan hanya mengenal Tuhan saja (ma'rifatullah) melainkan yang lebih tinggi dari itu yaitu wihdatul wujud (kesatuan wujud)
    2. A. Ibnu ‘Arabi
    Nama lengkap dari Ibnu Arabi yaitu Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Ath tha’I Al Haitami. Beliau dilahirkan di Murcia, daerah Andalusia tenggara, Spanyol. Pada tahun 560 H. Ia tinggal di Hijaz dan wafat di sana, pada tahun 638 H.
    B. Al Jilli
    Nama lengkap Al Jilli adalah Abdul Karim bin Ibrahin Al- Jilli yang lahir tahun 1365 M dan wafat tahun 1417 M. Baliau lahir di Jilan propinsi di selatan Kaspi. Tempat lahirnya Jilli (Gilan) yang kemudian menjadi nama dari Al Jilli.
    C. Ibnu Sab’in
    Nama lengkap dari Ibnu Sab’in adalah Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu Nashr. Beliau lahir tahun 614 H di Murcia. Ibnu Sabi’in adalah anak dari keluarga bangsawan, yang hidup berkecukupan.
    3. Di dalam tasawuf falsafi metode pendekatannya sangat berbeda dengan tasawuf sunni atau tasawuf salafi. kalau tasawuf sunni dan salafi lebih menonjol kepada segi praktis (al-amal), sedangkan tasawuf falsafi menonjol kepada segi teoritis (an-nadzor ) sehingga dalam konsep-konsep tasawuf falsafi lebih mengedepankan asas rasio dengan pendektan-pendekatan filosofis yang ini sulit diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi orang awam, bahkan bisa dikatakan mustahil.
    4. Karna tasawuf falsafi lebih menonjol kepada segi teoritis (an-nadzor ) sehingga dalam konsep-konsep tasawuf falsafi lebih mengedepankan asas rasio dengan pendektan-pendekatan filosofis yang ini sulit diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi orang awam, bahkan bisa dikatakan mustahil.

    ReplyDelete
  2. tugas 11
    nama: fadhilah azzahro
    unit : II
    nim : 202021042

    1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    jawaban :Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional pengasasnya. Berbeda dengan tasawuf akhlaki atau sunni, tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.
    Tasawuf ini merupakan hasil dari pemikiran-peminkiran para tokoh-tokoh yang diungkapkan dengan bahasa filosofis.Tasawuf ini tidak bisa dikatakan sebagai Tasawuf yang murni karena telah menggunakan pendekatan fikiran dan rasio, namun juga tidak bisa dikatakan filsafat seutuhnya karena didasarkan pada rasa.

    2.Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?
    jawaban :1. Ibnu ‘Arabi
    2. Al Jilli
    3. Ibnu Sab’in

    3.Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?
    jawaban: menurut saya tashawuf falsafi yang mana dia menggabungkan pikiran dan rasional jadi kita harus pandai memikirkan nya mana yang baik dan mana yang buruk

    4.Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    jawaban :karna tasawuf falsafi yang dimana pikiran di gabung dengan resional
    Alasan pertama adalah karena pengamalan agama dalam konteks tasawuf falsafi dianggap menyimpang oleh para sufi Sunni ortodoks.jadi harus hati hati dengan keadaan sekarang

    ReplyDelete
  3. Nama : A. Raudatul Syipah Sitompul
    Nim : 202021044
    Unit : II PAI
    Materi pertemuan ke-11
    Aliran-aliran dalam Tashawuf

    Pertanyaan (Question)
    1. Apakah yang dimaksud dengan Tashawuf Falsafi?
    Jawab : Tashawuf Falsafi adalah Tashawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional. Adapun pengertian lainnya juga adalah kajian terhadap Tuhan, Manusia, dan sebagainya dengan menggunakan metode rasio ataupun akal.

    2. Siapakah tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi?
    Jawab : • Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah at-tho'i al-haytami atau dikenal dengan Ibnu Arobi (560 H - 638 H)
    • Abdul Karim Al-Jilli (1365 H - 1417 H)
    • Abdul Haq Ibn Ibrahim Muhammad ibn Nasr atau dikenal dengan Ibnu Sab'in (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang Tashawuf Falsafi?
    Jawab : Berdasarkan beberapa penjelasan diatas sehingga menurut yang saya ketahui Tashawuf Falsafi adalah salah satu aliran pada Tashawuf yang mana Tashawuf ini dalam ajaran-ajarannya mengkombinasikan antara unsur mistik (rahasia) dengan unsur yang dapat diterima dengan akal pemikiran atau yang disebut dengan rasional.

    4. Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Jawab : Karena pertentangan itu didorong oleh unsur mistik yang dipadukan dengan rasional atau sesuatu yang ghaib dirasionalkan maka menimbulkan penyimpangan-penyimpangan di masyarakat serta disebabkan oleh ungkapan-ungkapan yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak orang bahkan terkadang ungkapan-ungkapan mereka itu hanya dapat dimengerti oleh mereka sendiri

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Nama: Khairul Anwar Mz
    Nim:202021055
    Unit:II

    1. Apakah yang dimaksud dengan tasawuf falsafi
    Jawab:Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional pengasasnya

    2.Siapakah tokoh-tokoh tasawuf falsafi
    Jawab:ibnu 'Arabi,Al Jilli,ibnu Sab'in

    3.Apa yang anda ketahui tentang tasawuf falsafi
    Jawab: Menurut saya tasawuf falsafi itu seperti sebuah konsep ajaran yang mengenal Tuhan (ma’rifat) dengan pendekatan rasio (filsafat) hingga menuju ketingkat yang lebih tinggi, bukan hanya mengenal Tuhan saja (ma’rifatullah) melainkan yang lebih tinggi dari itu yaitu wihdatul wujud (kesatuan wujud)

    4.Kenapa tasawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai
    Jawab:Karena tasawuf mengajarkan tentang ilmu agama dan, mengenal tuhan yang menunjukan ke tingkat tinggi.dan ajararannya baik dan sempurna tentang agama dan Tuhan.

    ReplyDelete
  6. Nama: syakira julina
    Nim:202021046
    Unit ll

    Resume maateri ke11
    Judul aliran2 thasawuf
    Jawaban:
    1. Thasawuf falsafi adalah thasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional yang mana ini suatu kajian terhadap Tuhan , manusia dan lain sebagai nya dengan menggunakan mistik dan rasional, yang mana thasawuf ini juga berbeda dengan thasawuf ahklak dan sunni.

    2.siapa tokoh-tokoh falsafi?
    Tokoh -tokohnya adalah
    - Muhammad bin Ali bin Abdullah bin at tau bin Ali haitami atau disebut dengan Ibnu arabi.
    - Abdul karim al jilli pada tahun 1365-1417 H.

    3.apa yang anda ketahui tentang thasawuf falsafi?
    Menurut saya Tashawuf falsafi adalah thasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional dan disini juga mempunyai banyak perbedaan jadi kita harus pandai dalam berfikir karena ada yang bilang boleh mengikuti dan tidak boleh.dan dia juga mempunyai 4 kajia2 thasawuf ,dan ungkapan2 yang diucapkan oleh tokoh tersebut hanya mereka lah yang mengerti/mengetahui.

    4.Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Karena ketika para sufi menggabungkan visi mistik dan rasional maka disitulah terjadi banyak penyimpangan sehingga banyak dari aliran2 thasawuf lain menentang ajaran mereka seperti yang terjadi di Aceh ketika para thasawuf falsafi mengajar ajaran mereka maka para aliran2 thasawuf lain seperti aliran thasawuf ahklaki, sunni mereka tidak menerima nya.

    ReplyDelete
  7. Nama : Chairina ulfa
    Unit : 2
    Nim : 202021039

    1.Apa pengertian tasawuf falsafi?
    Tasawuf falsafi ialah sebuah aliran tashawuf yang didalam nya terdapat pemikiran-pemikiran filsafat.dalam arti sebuah konsep ajaran tashawuf yang mengenal tuhan dengan menggunakan pendekatan akal ( rasio) hingga menuju ketempat yang lebih tinggi yang disebut wahdatul wujud (kesatuan wujud).

    2.siapakah tokoh-tokoh dalam tasawuf falsafi?

    -Ibnu ‘Arabi

    Ajaran dari Ibnu ‘Arabi ada tiga:

    Wahdad al wujud – Kesatuan Wujud. Intinya wujud dari semua makhluk itu adalah satu, yaitu wujud dari khaliqnya.

    Hakiqat Muhammadiyah – bahwa penciptaan alam semesta ini adalah pelimpahan dari wujud yang satu yaitu tuhan. Dari yang satu itu, Lalu lahirlah semua wujud dengan segala proses penciptaannya.

    Wahdad Al Adyan – kesamaan agama. Semua agama itu adalah satu yang bersumber dari tuhan.

    2. Al Jilli

    Nama lengkap Al Jilli adalah Abdul Karim bin Ibrahin Al- Jilli, Beliau adalah sufi yang terkenal di Bagdad. Ia pernah berguru pada tokoh tarekat Qadariyah yaitu Abdul Qadir Al Jailani, seorang sufi dari India.

    Ajaran dari Al Jilli adalah :
    Insan Kamil – atau manusia sempurna sebagai wujud dari tuhan yang diumpamakan bagai cermin. Seseorang tidak bisa melihat dirinya sendiri kecuali dengan cermin.

    3. Ibnu Sab’in
    Nama lengkap dari Ibnu Sab’in adalah Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu Nashr.

    Ajaran dari Ibnu Sab’in adalah :
    Kesatuan mutlak – ajaran pemahaman tentang wujud itu hanya satu yaitu wujud tuhan.

    3.apa yang anda ketahui tentang tasawuf falsafi?
    Yang saya ketahui bahwa tasawuf ini berusaha memahami Tuhan secara rasional yaitu dengan pemikiran, tasawuf falsafi mencoba menemukan bahasa akal untuk menjelaskan berbagai pengalaman mistis. Sehingga lahir konsep-konsep semacam ittihad, wahdatul wujud,dn lainnya. Tasawuf falsafi ini tentu saja dikembangkan oleh para sufi yang filosof.seperti pada tokoh-tokoh diatas.

    4.kenapa tashawuf falsafi banyak dipertentangkan di khalayak ramai?
    Menurut At-Taftazani, ciri umum tasawuf falsafi adalah ajarannya yang samar-samar akibat banyaknya istilah khusus yang hanya dapat dipahami oleh mereka yang memahami ajaran tasawuf jenis ini. Tasawuf falsafi tidak dapat dipandang sebagai filsafat karena ajaran dan metodenya didasarkan pada rasa (dzauq), tetapi tidak dapat pula dikategorikan sebagai tasawuf dalam pengertiannya yang murni, karena ajarannya sering diungkapkan dalam bahasa filsafat dan lebih berorientasi pada panteisme (yaitu suatu posisi yang menganggap bahwa Alam Semesta identik dengan keTuhanan).
                 

    ReplyDelete

  8. Nama: santi Wahyuni
    Nim:202021041
    Unit:2
    Matkul: akhlak tasawuf
    Resume:11


    1. Thasawuf falsafi adalah thasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional yang mana ini suatu kajian terhadap Tuhan , manusia dan sebagai nya dengan menggunakan mistik dan rasional atau pun akal.yang mana thasawuf ini juga berbeda dengan thasawuf ahklak dan sunni.tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.tashuwuf filsafat merupakan pemikiran pemikiran para tokoh tokoh yang digunakan bahasa yang penuh filosofi.


    2. Siapakah tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi?
    Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah at-tho'i al-haytami atau dikenal dengan Ibnu Arobi (560 H - 638 H) 
    Abdul Karim Al-Jilli (1365 H - 1417 H)
    Abdul Haq Ibn Ibrahim Muhammad ibnu Nasr (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang Tashawuf Falsafi? menurut pemahaman saya dari penjelasan di atas dan yang saya ketahui Tashawuf Falsafi adalah salah satu aliran pada Tashawuf yang mana tashawuf falsafi yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional atau pun disebut dengan akal dan disini juga mempunyai banyak perbedaan jadi kita harus pandai dalam berfikir karena ada yang bilang boleh mengikuti dan tidak boleh dalam menjalankan aliran tasawuf falsafi.

    4. Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Karena pertentangan visi mistik yang bergabungkan dengan visi rasional ataupun akal sesuatu dirasionalkan akan timbul nya pemikiran penyimpangan-penyimpangan di kalangan masyarakat serta disebabkan oleh ajaran -ajaran yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak kalangan masyarakat bahkan terkadang ungkapan-ungkapan hanya para tokoh yang memahaminya.

    ReplyDelete
  9. Nama: Zuhratul Yani
    NIM:202021059
    Unit:2
    Pertemuan ke-11

    Pertanyaan
    1.apa pengertian Tasawuf falsafi

    Jawaban
    Tasawuf falsafi adalah sebuah aliran Tasawuf yang didalam nya terdapat pemikiran-pemikiran filsafat.dalam arti sebuah konsep ajaran tasawuf yang mengenal Tuhan dengan menggunakan pendekatan akal(rasio) hingga menuju ketempat yang lebih tinggi yang disebut wahdatul wujud (kesatuan wujud).

    2.Siapakah tokoh-tokoh Tasawuf falsafi?

    Jawaban
    -ibnu arobi
    -abdul Karim Al jilli
    -ibnu sab'in

    3.apa yang Anda ketahui tentang Tasawuf falsafi?

    Jawaban
    Tasawuf falsafi adalah Tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi rasional pengasasnya.berbeda dengan Tasawuf akhlaki atau Sunni, Tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.

    4.kenapa Tasawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?

    Jawaban
    Ada beberapa alasan mengapa Tasawuf falsafi tidak diminati.
    Alasan pertama adalah karena pengalaman agama dalam konteks Tasawuf falsafi dianggap menyimpang oleh para sufi Sunni ortodoks.Misalnya,ia mencontohkan, seseorang mengatakan"aku adalah Tuhan,"yang tidak disetujui oleh para sunni.hal ini menyebabkan penganut falsafi tidak berani menunjukkan kannya kepada publik.

    Kedua,ada peran NU untuk menyaring mana Tasawuf yang sah dan tidak.penyaringan ini dilakukan melalui organisasi jamaah Ahlu tariqah mu'tabarah nadhiyah(Jatman)."itu dilakukan sekitar tahun 90-an.
    Tasawuf yang sah adalah Tasawuf yang memiliki kriteria tertentu, yaitu mempunyai hubungan sanad marsyid yang sampai ke rasulullah.ajaran Tasawuf tersebut tidak boleh bertentangan dengan ajaran Islam yang benar.dan tarekatnya harus mengarah pada Islam dengan ajaran Akhlak terpuji.

    Alasan ketiga yang menjadikan Tasawuf falsafi tidak terpopuler adalah karena orang semakin banyak mempelajari ajaran secara praktis.padahal keberadaan Tasawuf falsafi sangatlah penting karena mengajak orang berpikir mendalam."karena itu ajaran tasawuf falsafi seharusnya dikenalkan kepada kepada masyarakat,"

    ReplyDelete
  10. Nama : Khairun Nisak
    Unit : 2
    Nim : 202021048

    1.Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    Jawaban:
    Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional pengasasnya. Berbeda dengan tasawuf akhlaki atau sunni, tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.
    Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?
    Jawaban:
    . Ibnu ‘Arabi
    . Al Jilli
    . Ibnu Sab’in

    3. Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?
    Jawaban:
    Menurut saya tasauf falsafi adalah tasauf yang termilogi filosofis dalam pengumkapannya serta berasal dari bermacam-macam filsafat yg telah mempengaruhi para tokoh nya.

    4. Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Jawaban:
    Karena tasauf falsafi dianggap menyimpang oleh para sufi sunni serta sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak kalangan masyarakat bahkan terkadang ungkapan-ungkapan hanya para tokoh yang memahaminya.

    ReplyDelete
  11. Nama : Ikhdatul Asrotil Miladiyah
    Nim : 202021065
    Unit : 2 (PAI)
    Matkul : Tasawuf


    Resume Aliran-aliran Tasawuf


    Soal !
    1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    Jawab : Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi rasional. Tasawuf juga dapat diartikan yaitu suatu kajian terhadap Tuhan, manusia dan sebagainya dengan menggunakan metode rasio.

    2. Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?
    Jawab :
    1. Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah At-Ta'i Al-Haidami atau Ibnu Arabi (560-638 H)
    2. Abdul Karim Al-Jilli (1365-1417 H)
    3. Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu Nasr atau Ibnu Sab'i (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?
    Jawab : Yang saya ketahui tentang tasawuf falsafi adalah salah satu aliran tasawuf yg menggabungkan mistik dengan rasional dan dipertentangkan oleh para ulama maupun khalayak ramai.

    4. Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Jawab : Karena tashawuf falsafi aliran yang menggabungkan visi mistik(ghaib) dengan rasional(akal). Sebagai contoh, ketika seorang berdzikir kepada Allah, maka akan mendapatkan getaran, yang mana getaran tersebut berhubungan dengan Tuhan. Maka, hal tersebutlah yg menjadi pertentangan. Bahwa sesuatu yg ghaib tidak selalu dapat diartikan dengan akal manusia.

    ReplyDelete
  12. Nama : Nur Haina
    Nim : 202021038
    Matkul : Akhlak Tasawuf
    Materi : Aliran-Aliran Tasawuf

    Jawab:
    1. Yang dimaksud dengan Tashawuf Falsafi adalah sebuah konsep ajaran tasawuf yang mengenal Tuhan (ma'rifat) dengan pendekatan rasio (filsafat) hingga menuju ketingkat yang lebih tinggi, bukan hanya mengenal Tuhan saja (ma'rifatullah) melainkan yang lebih tinggi dari itu yaitu wihdatul wujud (kesatuan wujud).

    2. Tokoh2 tashawuf falsafi yakni :
    1. Ibnu 'Arabi (Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Ath tha’I Al Haitami)
    2. Al jilli (Abdul Karim bin Ibrahin Al- Jilli)
    3. Ibnu Sab'in (Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu Nashr)

    3. Yang saya ketahui mengenai tashawuf falsafi,, yakni ilmu tashawuf ini adalah sebuah aliran dalam bertasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional. Tashawuf falsafi juga merupakan hasil dari pemikiran-pemikiran para tokoh-tokoh yang diungkapkan dengan bahasa filosofis. Dan inti dari tasawuf falsafi adalah meraih cinta Allah setinggi mungkin dan menjadi kekasih- Nya. Dengan begitu, tidak akan ada lagi batasan antara seorang hamba dan Sang Pencipta. Inspirasi dari tasawuf falsafi itu sendiri diklaim berasal dari perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW.

    4. Tashawuf falsafi sangat di pertentangkan di khalayak ramai, karena pengamalan agama dalam konteks tasawuf falsafi dianggap menyimpang oleh para sufi Sunni ortodoks. Misalnya, seseorang menyatakan “Aku adalah Tuhan,“ yang tidak disetujui oleh para Sunni. Hal ini menyebabkan penganut tasawuf falsafi tidak berani menunjukkannya kepada publik. Itu merupakan penyebab salah satunya. Dan juga filosofis Tasawuf ini tidak bisa dikatakan sebagai Tasawuf yang murni karena telah menggunakan pendekatan fikiran dan rasional atau sesuatu yang ghaib dirasionalkan sehingga menimbulkan penyimpangan-penyimpangan di masyarakat.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Nama : Rahil Annisa
    Nim : 202021066

    Aliran-aliran Tasawuf

    Pertanyaan
    1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    Jawab : Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional.

    2. Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?
    Jawab : tokoh-tokoh tasawuf falsafi adalah:
    1. Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Atthai Al Haitami ( Ibnu Arabi) pada tahun 560-638 Hijriyah
    2. Abdul Karim Al jilli. Pada tahun 1365-1417 Hijriyah.
    3. Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu nas ( Ibnu sab'in) pada tahun 614 Hijriyah.



    3. Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?
    Jawab : menurut yang saya ketahui, Tasawuf Falsafi adalah sebuah aliran dalam bertasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional. Tasawuf ini merupakan hasil dari pemikiran-peminkiran para tokoh-tokoh yang diungkapkan dengan bahasa filosofis.Tasawuf ini tidak bisa dikatakan sebagai Tasawuf yang murni karena telah menggunakan pendekatan fikiran dan rasio, namun juga tidak bisa dikatakan filsafat seutuhnya karena didasarkan pada rasa. Dengan kata lain Tasawuf Falsafi merupakan penggabungan antara rasa dan rasio.


    4. Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Jawab : ketika sufi menggabungkan mistik dan rasional tasawuf falsafi itu lebih mengedepankan akal( rasional).sehingga pembuktian adanya tuhan itu harus melalui akal.
    Hal ghaib itu kadang kadang tidak rasional tapi mereka merasionalkan nya.
    Disinilah titik perbedaan nya.
    Sehingga ada yang mengatakan tasawuf falsafi itu boleh di ikuti dan ada juga yang mengatakan tidak boleh di ikuti.

    ReplyDelete
  16. Nama : Zalifah Saura
    Nim : 202021045
    Unit : 2
    MK : tasauf

    Resume ke 11
    Aliran-aliran tashawuf

    1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    Jawab :
    Tashawuf falsafi adalah tashawuf yang menggabungkan antara visimistik dengan visirasional. Atau tashawuf falsafi ini adalah kajian terhadap Tuhan, manusia dan sebagainya yang menggunakan rasio atau akal.

    2. Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi ?
    Jawab :
    - Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Ath-thai Al Haitami atau dikenal dengan Ibnu Arabi (tahun 560 H sampai 638 H)
    - Abdul Qarim Al Jilly (1335 H sampai 1417 H)
    - Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu Nasr atau dinamakan dengan Ibnu sab'in (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi ?
    Jawab :
    Menurut pemahaman saya aliran tashawuf falsafi adalah salah satu aliran tashawuf yang menggabungkan antara unsur rahasia (mistik) dengan unsur yang dapat diterima oleh akal pemikiran (rasional).


    4. Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Jawab :
    Karena pertentangan itu di dasari oleh unsur mistik dengan unsur rasional, maka akan menimbulkan penyimpangan-penyimpangan di dalam masyarakat serta disebabkan juga oleh penyampaian tokoh-tokoh tashawuf falsafi yang sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh khalayak masyarakat ramai dan terkadang yang disampaikan itu hanya di mengerti oleh tokoh itu saja.

    ReplyDelete
  17. Nama:aminah
    Nim:202021053
    Unit:2
    1.Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional.
    2.tokoh-tokoh tasawuf falsafi adalah:
    1. Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Atthai Al Haitami ( Ibnu Arabi) pada tahun 560-638 Hijriyah
    2. Abdul Karim Al jilli. Pada tahun 1365-1417 Hijriyah.
    3. Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu nas ( Ibnu sab'in) pada tahun 614 Hijriyah.
    3.Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional pengasasnya. Berbeda dengan tasawuf akhlaki atau sunni, tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya. Ciri umum tasawuf falsafi menurut At-Taftazani adalah ajarannya yang samara-samar akibat banyaknya istilah khusus yang hanya dapat difahami oleh siapa aja yang memahami ajaran tasawuf jenis ini. Tasawuf falsafi tidak hanya dipandang sebagai filsafat karena ajaran dan metodenya didasarkan pada rasa(dzauq), tetapi tidak dapat pula dikategorikan sebagai tasawuf dalam pengertian yang murni, karena ajarannya sering diungkapkan dalam bahasa filsafat dan lebih berorientasi pada panteisme.
    4. Secara garis besar tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional. Tasawuf ini menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya,yang berasal dari berbagai macam ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya .
    Jadi yasawuf tersebut adalah tasawuf yang memiliki perbedaan dengan tasawuf akhlaqi atau tasawuf sunni, sehingga ada kelompok yang menganggap bahwa tasawuf kelompok ini adalah tasawuf yang menyeleweng.

    ReplyDelete
  18. Nama:Nia almayda
    Nim:202021056
    Unit:2

    1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    = Tasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi rasional.kajian terhadap Tuhan,manusia dan sebagainya dengan menggunakan metode-metode rasio ataupun akal.

    2. Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?
    =-Muhammad Ali bin Ahmad bin Abdullah atthai alhaytami /ibu arabi (560 H-638 H)
    -Abdul Karim Al zili(1365 H-1417 H)
    -ibnu sab'in (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?
    = Tasawuf Falsafi adalah sebuah aliran dalam bertasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional. Tasawuf ini merupakan hasil dari pemikiran-peminkiran para tokoh-tokoh yang diungkapkan dengan bahasa filosofis.Tasawuf ini tidak bisa dikatakan sebagai Tasawuf yang murni karena telah menggunakan pendekatan fikiran dan rasio, namun juga tidak bisa dikatakan filsafat seutuhnya karena didasarkan pada rasa. Dengan kata lain Tasawuf Falsafi merupakan penggabungan antara rasa dan rasio.

    4. Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    =Karena pertentangan visi mistik yang bergabungkan dengan visi rasional ataupun akal sesuatu dirasionalkan akan timbul nya pemikiran penyimpangan di dalam masyarakat.serta ajaran yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak masyarakat bahkan terkadang ungkapan-ungkapan hanya para tokoh yang memahaminya dan masyarakat sulit untuk memahami ajaran tersebut.

    ReplyDelete
  19. Nama: Sri Muliani
    Nim:202021064
    Unit 2
    Matkul: akhlak tasawuf
    Resume:11


    1. Thasawuf falsafi adalah thasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional yang mana ini suatu kajian terhadap Tuhan , manusia dan sebagai nya dengan menggunakan mistik dan rasional atau pun akal.yang mana thasawuf ini juga berbeda dengan thasawuf ahklak dan sunni.tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.tashuwuf filsafat merupakan pemikiran pemikiran para tokoh tokoh yang digunakan bahasa yang penuh filosofi.


    2. Siapakah tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi?
    Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah at-tho'i al-haytami atau dikenal dengan Ibnu Arobi (560 H - 638 H) 
    Abdul Karim Al-Jilli (1365 H - 1417 H)
    Abdul Haq Ibn Ibrahim Muhammad ibnu Nasr (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang Tashawuf Falsafi? menurut saya dari penjelasan di atas yang saya ketahui Tashawuf Falsafi ialah salah satu aliran pada Tashawuf yang mana tashawuf falsafi yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional atau pun disebut dengan akal dan disini juga mempunyai banyak perbedaan jadi kita harus pandai dalam berfikir karena ada yang bilang boleh mengikuti dan tidak boleh dalam menjalankan aliran tasawuf falsafi.

    4. Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Karena pertentangan visi mistik yang bergabungkan dengan visi rasional ataupun akal sesuatu dirasionalkan akan timbul nya pemikiran penyimpangan-penyimpangan di kalangan masyarakat serta disebabkan oleh ajaran -ajaran yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak kalangan masyarakat bahkan terkadang ungkapan-ungkapan para tokoh hanya para tokoh yang memahaminya.

    ReplyDelete
  20. Nama:Ihdina Kamisyah
    Nim:202021037

    Tugas Resume 11

    "Aliran-Aliran Tasawuf"

    1.Apakah yang dimaksud denagn tasawuf falsafi?
    Jawab:tasawuf falsafi adalah tasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi rasional.Dan juga tasawuf yang kajiannya terhadap Tuhan,manusia,dan sebagainya dengan menggunakan metode rasiu ataupun akal.

    2.Siapakah tokoh-tokoh tasawuf falsafi?
    Jawab:1.Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah At Thai Al Haitami (Ibnu 'Arabi) tahun 560 H -638H
    2.Abdul Karim Al-Jalili tahun 1365 H
    -1417 H.
    3.Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu Nashr (Ibnu Sab'in) tahun 614 H.

    3.Apa yang anda ketahui tentang tasawuf falsafi?
    Jawab:yang saya ketahui tentang tasawuf falsafi adalah tasawuf yang metodenya menggunakan pemikiran rasional atau pemikiran yang dapat diterima oleh akal dimana setiap yang dilakukan oleh para pengikut tasawuf ini hanya bisa dirasakan oleh diri kita(yang mengikuti tasawuf ini/para sufi).

    4.Mengapa tasawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Jawab:tasawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai karena ketika seorang sufi menggabungkan mistik dengan pemikiran rasional yaitu contohnya pernyataan"Tuhan Itu Dekat",maka mereka mencoba merasionalkan pernyataan itu dengan pemikiran yang dapat diterima oleh akal.Sehingga banyak yang mengatakan tasawuf falsafi boleh diikuti dan juga ada yang mengatakan tidak boleh diikuti karena memang hal gaib itu tidak semuanya dapat dirasionalkan tetapi mereka (para sufi) merasionalkannya.

    ReplyDelete
  21. Nama: Putri Ananda Subarja
    Nim: 202021067
    Unit: 2 Pai
    Uts tasawuf

    1. Tasawuf falsafi ialah tasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dengan visi rasional.

    2.tokoh tasawuf falsafi:
    - Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah bin atdahi adhaida (Ibnu arabi)
    - Abdul Karim Al Jimmi
    - abdul hak Ibnu Ibrahim
    - muhammad Ibnu nas ataupun sering disebut (Ibnu sab'in)

    3. Yang saya ketahui tentang tasawuf falsafi ini ialah tasawuf yang didalam nya mengkaji tentang Tuhan, manusia, dsb. Dengan menggunakan metode rasio/akal. Contohnya seperti mengkaji tentang hal yang ghaib bagaimana hal yang ghaib itu tampak oleh logika kita, semisal Allah dekat dengan kita tetapi dimana Allah mengapa tidak terlihat oleh Indra penglihatan kita? Inilah yang dimaksud dengan ilmu tasawuf falsafi menggunakan metode akal.

    4. Adapun tasawuf falsafi banyak dipertentangkan orang, karena pada tasawuf ini ketika para sufi menggabung kan mistik dan rasional. Maka apa yang ada pada tarikat harus rasional.

    ReplyDelete
  22. Nama: Mona futri
    Nim: 202021057
    Unit: II
    Uts tasawuf

    1.apakah yg di maksud dengan tasawuf falsafi?
    Jawab:
    Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional yang mana ini suatu kajian terhadap tuhan,manusia,dan sebagainya dengan menggunakan metode rasiu ataupun akal.

    2.siapa tokoh-tokoh tasawuf falsafi?
    Jawab:
    -Muhammad bin Ali bin ahmad bin Abdullah bin atdahi adhaida(Ibnu Arabi)
    -abdul karim al Jimmie
    -abdul hak Ibnu Ibrahim
    -Muhammad Ibnu nas ataupun sering di sebut (Ibnu sab'in)

    3.apa yang anda ketahui tentang tasawuf falsafi?
    Jawab:
    Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang metode nya menggunakan pemikiran rasional atau pemikiran yang dapat di terima oleh akal di mana setiap yang di lakukan oleh para pengikut tasawuf ini hanya bisa di rasakan oleh diri kita.

    4.kenapa tasawuf falsafi sangat di pertentangkan di khalayak ramai?
    Jawab:
    Karna ketika seorang sufi menggabungkan mistis dengan pemikiran rasional maka mereka mencoba merasionalkan pernyataan itu dengan pemikiran yang dapat di terima oleh akal, di pertentangkan orang Karna tasawuf ini menggabungkan mistis dan rasional, maka apa yang ada pada Tarikat harus rasional.

    ReplyDelete
  23. NAMA : SYAHRUL SEPTIANDA
    NIM : 202021047
    UNIT : 2

    “ALIRAN – ALIRAN TASAWUF “
    1.Apakah yang dimaksud dengan tasawuf falsafi ?.
    JAWAB: yaitu Tashawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional.
    2.Siapakah tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi?
    JAWAB: 1.ibnu arabi
    2. Abdul Karim Al-Jilli
    3. Ibnu Sab'in
    3.Apa yang anda ketahui tentang Tashawuf Falsafi?
    JAWAB: Berdasarkan penjelasan di video tersebut. menurut saya Tashawuf Falsafi adalah salah satu aliran pada Tashawuf yang mana Tashawuf ini dalam ajaran-ajarannya mengkombinasikan/ menggabungkan antara unsur mistik dengan unsur yang dapat diterima dengan akal pemikiran manusia.
    4.Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    JAWAB: karena unsur mistik yang dipadukan dengan rasional atau sesuatu yang ghaib yang dirasionalkan maka menimbulkan penyimpangan-penyimpangan serta ajaran dari tokoh tokoh tasawuf falsafi itu sulit difahami dan dimengerti oleh masyarakat. Karena itulah tasawuf falsafi banyak di tentang oleh masyarakat pada umumnya

    ReplyDelete
  24. Nama: Mhd Yoga Pratama
    NIM:202021070
    Unit:2
    Pertemuan ke-11

    Pertanyaan
    1.apa pengertian Tasawuf falsafi

    Jawaban
    Tasawuf falsafi adalah sebuah aliran Tasawuf yang didalam nya terdapat pemikiran-pemikiran filsafat.dalam arti sebuah konsep ajaran tasawuf yang mengenal Tuhan dengan menggunakan pendekatan akal(rasio) hingga menuju ketempat yang lebih tinggi yang disebut wahdatul wujud (kesatuan wujud).

    2.Siapakah tokoh-tokoh Tasawuf falsafi?

    Jawaban
    -ibnu arobi
    -abdul Karim Al jilli
    -ibnu sab'in

    3.apa yang Anda ketahui tentang Tasawuf falsafi?

    Jawaban
    Tasawuf falsafi adalah Tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi rasional pengasasnya.berbeda dengan Tasawuf akhlaki atau Sunni, Tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.

    4.kenapa Tasawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?

    Jawaban
    Ada beberapa alasan mengapa Tasawuf falsafi tidak diminati.
    Alasan pertama adalah karena pengalaman agama dalam konteks Tasawuf falsafi dianggap menyimpang oleh para sufi Sunni ortodoks.Misalnya,ia mencontohkan, seseorang mengatakan"aku adalah Tuhan,"yang tidak disetujui oleh para sunni.hal ini menyebabkan penganut falsafi tidak berani menunjukkan kannya kepada publik.

    Kedua,ada peran NU untuk menyaring mana Tasawuf yang sah dan tidak.penyaringan ini dilakukan melalui organisasi jamaah Ahlu tariqah mu'tabarah nadhiyah(Jatman)."itu dilakukan sekitar tahun 90-an.
    Tasawuf yang sah adalah Tasawuf yang memiliki kriteria tertentu, yaitu mempunyai hubungan sanad marsyid yang sampai ke rasulullah.ajaran Tasawuf tersebut tidak boleh bertentangan dengan ajaran Islam yang benar.dan tarekatnya harus mengarah pada Islam dengan ajaran Akhlak terpuji.

    Alasan ketiga yang menjadikan Tasawuf falsafi tidak terpopuler adalah karena orang semakin banyak mempelajari ajaran secara praktis.padahal keberadaan Tasawuf falsafi sangatlah penting karena mengajak orang berpikir mendalam."karena itu ajaran tasawuf falsafi seharusnya dikenalkan kepada kepada masyarakat,"

    ReplyDelete
  25. Nama: putri Karuna
    Nim: 202021060
    Unit 2

    1. Apa yang dimaksud dengan tasawuf falsafi
    JAWAB: Tasawuf Falsafi adalah sebuah konsep ajaran tasawuf yang mengenal Tuhan (ma’rifat) dengan pendekatan rasio (filsafat) hingga menuju ketingkat yang lebih tinggi, bukan hanya mengenal Tuhan saja (ma’rifatullah) melainkan yang lebih tinggi dari itu yaitu wihdatul wujud (kesatuan wujud). Bisa juga dikatakan tasawuf filsafi yakni tasawuf yang kaya dengan pemikiran-pemikiran filsafat.

    2. Siapakah tokoh tokoh tasawuf falsafi
    JAWAB: - Ibnu Sab'in
    - Al Jilli
    - Ibnu 'Arabi

    3. Apa yang anda ketahui tentang tasawuf falsafi
    JAWAB: menurut saya, Tasawuf Falsafi adalah sebuah aliran dalam bertasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional. Tasawuf ini merupakan hasil dari pemikiran-peminkiran para tokoh-tokoh yang diungkapkan dengan bahasa filosofis.

    4. Kenapa tasawuf filsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai
    JAWAB: karena unsur mistik yang dipadukan dengan rasional atau sesuatu yang ghaib yang dirasionalkan maka menimbulkan penyimpangan-penyimpangan serta ajaran dari tokoh tokoh tasawuf falsafi itu sulit difahami dan dimengerti oleh masyarakat. Karena itulah tasawuf falsafi banyak di tentang oleh masyarakat pada umumnya

    ReplyDelete
  26. Nama:Novia Dinia
    Nim :202021063
    Unit:II


    1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    jawaban :Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional pengasasnya. Berbeda dengan tasawuf akhlaki atau sunni, tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.
    2. Siapakah tokoh tokoh tasawuf falsafi
    JAWAB: - Ibnu Sab'in
    - Al Jilli
    - Ibnu 'Arabi
    3. Apa yang anda ketahui tentang tasawuf falsafi
    JAWAB: menurut saya, Tasawuf Falsafi adalah sebuah aliran dalam bertasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi yang rasional. Tasawuf ini merupakan hasil dari pemikiran-peminkiran para tokoh-tokoh yang diungkapkan dengan bahasa filosofis.
    4.Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    JAWAB: karena unsur mistik yang dipadukan dengan rasional atau sesuatu yang ghaib yang dirasionalkan maka menimbulkan penyimpangan-penyimpangan serta ajaran dari tokoh tokoh tasawuf falsafi itu sulit difahami dan dimengerti oleh masyarakat. Karena itulah tasawuf falsafi banyak di tentang oleh masyarakat pada umumnya.

    ReplyDelete
  27. Nama: Miftahudin
    Nim:202021043
    Unit:2

    Resume:11


    1. Thasawuf falsafi adalah?
    Jawab:
    thasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional yang mana ini suatu kajian terhadap Tuhan , manusia dan sebagai nya dengan menggunakan mistik dan rasional atau pun akal.yang mana thasawuf ini juga berbeda dengan thasawuf ahklak dan sunni.tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.tashuwuf filsafat merupakan pemikiran pemikiran para tokoh tokoh yang digunakan bahasa yang penuh filosofi.


    2. Siapakah tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi?
    Jawab:
    Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah at-tho'i al-haytami atau dikenal dengan Ibnu Arobi (560 H - 638 H) 
    Abdul Karim Al-Jilli (1365 H - 1417 H)
    Abdul Haq Ibn Ibrahim Muhammad ibnu Nasr (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang Tashawuf Falsafi?

    Jawab:
    menurut pemahaman saya dari penjelasan di atas dan yang saya ketahui Tashawuf Falsafi adalah salah satu aliran pada Tashawuf yang mana tashawuf falsafi yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional atau pun disebut dengan akal dan disini juga mempunyai banyak perbedaan jadi kita harus pandai dalam berfikir karena ada yang bilang boleh mengikuti dan tidak boleh dalam menjalankan aliran tasawuf falsafi.

    4. Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Jawab:
    Karena pertentangan visi mistik yang bergabungkan dengan visi rasional ataupun akal sesuatu dirasionalkan akan timbul nya pemikiran penyimpangan-penyimpangan di kalangan masyarakat serta disebabkan oleh ajaran -ajaran yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak kalangan masyarakat bahkan terkadang ungkapan-ungkapan para tokoh hanya para tokoh yang memahaminya.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Nama : Mawar Diana
    Nim : 202021069
    Unit : II

    1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    Jawaban:
    Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan rasiaonal.

    2. Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?
    Jawaban :
    - Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah Athai Al Haitami atau sering disebut Ibnu Arabi pada tahun 560H sampai dengan tahun 638H.
    - Abdul Karim Al Jilli pada tahun 1465H sampai dengan tahun 1417H.
    - Abdul Haq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnunnas atau sering disebut Ibnu Sabi'in pada tahun 614H.

    3. Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?
    Jawaban:
    Tasawuf Falsafi adalah sebuah konsep ajaran tasawuf yang mengenal Tuhan (ma’rifat) dengan pendekatan rasio (filsafat) hingga menuju ketingkat yang lebih tinggi, bukan hanya mengenal Tuhan saja (ma’rifatullah) melainkan yang lebih tinggi dari itu yaitu wihdatul wujud (kesatuan wujud). Bisa juga dikatakan tasawuf filsafi yakni tasawuf yang kaya dengan pemikiran-pemikiran filsafat.

    4. Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Jawaban :
    karena dapat mengajak orang-orang untuk berpikir mendalam.

    ReplyDelete
  30. Nama : nursajidah
    Nim : 202021068
    Unit : 2

    1. Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?

    Jawab : tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran ajarannya memadukan antara visi mistis dan fisi rasional.tasawuf falsasi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam macam ajaran filsafat yang telag mempengaruhi para tokohnya.

    2. Siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?

    Jawab : 1. Ibnu 'Arabi,nama lengkap dari ibnu arabi yaitu muhammaf bin ali bin ahmad bin abdullah ath tha'l Al haitami
    2. Abdul karim bin ibrahim Al-jilli
    3. Ibnu sab'in

    3. Apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?

    Jawab : menurut saya tasawuf falsafi adalah,kajian terhadap Tuhan,manusia,dan sebagainya yang menggunakan metode rasio atau akal.

    4. Kenapa tashawuf falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?

    Jawab : karena unsur mistik yang dipadukan dengan rasional atau sesuatu yang ghaib yang dirasionalkan maka menimbulkan penyimpangan-penyimpangan serta ajaran dari tokoh tokoh tasawuf falsafi itu sulit difahami dan dimengerti oleh masyarakat. Karena itulah tasawuf falsafi banyak di tentang oleh masyarakat pada umumnya

    ReplyDelete
  31. Nama:Yuni Maunizar
    Unit:II
    Nim:202021061
    Judul:"Resume Aliran-Aliran Tashawuf "

    1.Apakah yang dimaksud dengan tashawuf falsafi?
    Jawab:Tasawuf yang ajaran-ajaranny memadukan antara visi mistis dan visi rasional pengasasnya. berbeda dengan tasawuf akhlaki atau sunni, tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofi dalam pengungkapannya serta bersala dari bermacam-macam ajaran filsafat.
    Tasawuf ini merupakan hasil dari pemikiran -peminkiran para tokoh-tokoh yang diungkapkan dengan bahasa filosofis.

    2.siapakah tokoh-tokoh tashawuf falsafi?
    -ibnu Arabi
    -Al jilli
    -ibnu sabin

    3.apa yang anda ketahui tentang tashawuf falsafi?
    Jawab:Menurut saya tasawuf falsafi itu seperti sebuah konsep ajaran yang mengenal tuhan(marifat) dengan pendekatan rasio (filsafat).

    4.kenapa tasawuf falsafi sangat dipertengahkan di khalayak ramai?
    Jawab:
    Karena ilmu tasawuf mengajar tentang ilmu agama dan menganal tuhan yang menunjukkan ke tingkat tinggi dan ajaranya baik dan sempurna tentang agama dan tuhan.

    ReplyDelete
  32. Nama : Tiara Aulia Ramadhani Marpaung
    Nim : 202021054
    Unit : 2
    Resume tasawuf 11

    "Aliran-aliran Tasawuf "

    Didalam tasawuf ada 3 macam aliran, diantaranya :
    -Aliran Tasawuf Akhlaki(Sunni)
    -Aliran Tasawuf Amali
    -Aliran Tasawuf Falsafi

    *Tasawuf Akhlaki
    Mereka berfokus pada perbaikan akhlak dan budi pekerti,berupaya mewujudkan perilaku yang baik yaitu perilaku mahmudah serta menghindarkan dari sifat-sifat tercela ataupun sifat majmumah.Tasawuf Akhlaki ini disebut juga dengan tasawuf sunni. Tingkatan-tingkatan dalam tasawuf ini terdiri dari 3 tingkat yaitu :
    -Takhalli
    -Tahalli
    -Tajalli

    Takhalli adalah suatu tahap pertama yang dilakukan oleh para sufi untuk membersihkan adapun melepaskan diri daripada perilaku buruk.

    Tajalli adalah pada tahap ini para sufi benar-benar menanam rasa cinta kepada Allah SWT didalam hatinya. Tujuannya agar perilaku baik pada tahap tahalli tidak luntur, cara tahalli adalah dengan muhasabah, merenungi semua dosa-dosa yang dilakukan kemudian muraqabah merasa jiwa selalu diawasi Allah SWT, sehingga tidak mengulangi lagi melakukan dosa-dosa tersebut,tafakkur merenungi kekuasaan Allah SWT sehingga ia senantiasa melaksanakan segala sesuatu yang bersifat baik, berdzikir kepada Allah SWT.

    sedangkan Tokoh-tokoh Sufi Akhlaki yabg berkembang pada abad ke-2 Hijriah adalah :
    -Abu Hasan Al-Bashri (pada tahun
    21 H - 110 H).
    -Zuned Al-Baghdadi
    -Al-Khusairy
    -As-Syari As-Sakathi
    -Al-Harawy

    Pada abad ke 5 Hijriah, Tokoh-tokoh Akhlaki adalah :
    -Al-Ghajali
    -Al-Harawy
    -Al-Khusairy
    Mulai mengadakan pembaharuan dengan mengembalikan dasar-dasar tasawuf sesuai dengan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

    * Tasawuf Amali
    Adalah tasawuf yang berfokus pada menekankan pada cara-cara mendekatkan diri kepada Allah SWT,baik melalui amalan dzohiriyah maupun amalan bathiniyah.

    Tasawuf ini merupakan ajaran yang dianut oleh pengikut tarekat ataupun dinamakan dengan Ashabu turu. Pengikut tarekat itu adalah ketika seseorang sedang bertarekat berjalan pada jalan tarekat dia akan senantiasa memperbanyak amalan-amalan yang dianggap nya sebagai rasa untuk senantiasa dekat kepada Allag SWT,sembari hatinya selalu berdzikir kepada Allah SWT.

    Didalam tasawuf amali meliputi 4 aspek :
    -Syari'at
    -Tharikat
    -Hakikat
    -Ma'rifah

    Tokoh-tokoh Tasawuf Amali adalah :
    -Hasan Al-Bashri
    -Rabi'ah Al-Adawiyah
    -Zunnun Al-Misyri

    *Tasawuf Falsafi
    Adalah tasawuf yang menggabungkan antara visi mistik dan visi rasiaonal. Tasawuf falsafi ini adalah kajian terhadap Tuhan, manusia dan sebagainya dengan menggunakan metode rasio ataupun akal.

    Objek kajian tasawuf falsafi adalah:
    - Latihan yang bersifat kebathinan atau rohaniah dengan menggunakan rasa, intuisi ataupun kemampuan memahami sesuatu tanpa pemahaman rasional, intropeksi diri dengan tingkatan makam, hal dan rasa.
    - Kajian tentang hakikat dari sifat sifat Tuhan, malailat, arasy kursi, wahyu,kenabian,roh,hakikat dari alam ghaib yaitu dengan dzikir.
    - Peristiwa yang luar biasa yaitu kejadian yang terdapat didalam ini atau kosmos yang mempengaruhi kekeramatan.
    - Ungkapan teori dengan istilah yang filosofis yaitu hanya dimengerti oleh tokoh filosofis tasawuf filosofi tersebut.

    Tokoh-tokoh Tasawuf Falsafi adalah:
    -Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah At-Tha'i Al-Hatami adapun
    dinamakan dengan Ibnu Arabi (pada tahun 560 H -638 H)
    -Abdul Karim Az-Zilli (pada tahun 1365 H - 1417 H)
    -Abdul Haaq Ibnu Ibrahim Muhammad Ibnu Nasr adapun dinamakan dengan Ibnu Sabi'in (pada tahun 614 H).

    ReplyDelete
  33. Wafiq Nur Azizah
    202021052
    Unit 2
    Jawaban:
    1. Tasawuf Falsafi adalah sebuah konsep ajaran tasawuf yang mengenal Tuhan dengan pendekatan rasio hingga menuju ketingkat yang lebih tinggi, bukan hanya mengenal Tuhan saja melainkan yang lebih tinggi dari itu yaitu wihdatul wujud (kesatuan wujud).
    2.Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah at-tho'i al-haytami atau dikenal dengan Ibnu Arobi
    Abdul Karim Al-Jilli
    Abdul Haq Ibn Ibrahim Muhammad ibnu Nasr
    3.Tasawuf falsafi adalah Tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi rasional pengasasnya.
    4. ada beberapa alasan mengapa tasawuf falsafi sangat ditengah kan di khalayak ramai salah satunya yakni orang semakin banyak mempelajari ajaran secara praktis.padahal keberadaan Tasawuf falsafi sangatlah penting karena mengajak orang berpikir mendalam."karena itu ajaran tasawuf falsafi seharusnya dikenalkan kepada kepada masyarakat,"

    ReplyDelete
  34. Nama: KHALISH NUR HIDAYATULLAH
    Nim :202021062

    1. Apakah yang dimaksud dengan tasawuf falsafi
    Jawab:Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional pengasasnya
    2.Siapakah tokoh-tokoh tasawuf falsafi
    Jawab:ibnu 'Arabi,Al Jilli,ibnu Sab'in
    3.apa yang anda ketahui tentang thasawuf falsafi?Menurut saya Tashawuf falsafi adalah thasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional dan disini juga mempunyai banyak perbedaan jadi kita harus pandai dalam berfikir karena ada yang bilang boleh mengikuti dan tidak boleh.dan dia juga mempunyai 4 kajia2 thasawuf ,dan ungkapan2 yang diucapkan oleh tokoh tersebut hanya mereka lah yang mengerti/mengetahui.
    4. Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?Karena pertentangan visi mistik yang bergabungkan dengan visi rasional ataupun akal sesuatu dirasionalkan akan timbul nya pemikiran penyimpangan-penyimpangan di kalangan masyarakat serta disebabkan oleh ajaran -ajaran yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak kalangan masyarakat bahkan terkadang ungkapan-ungkapan hanya para tokoh yang memahaminya.

    ReplyDelete
  35. NAMA: HAYATUR RIDHA
    NIM:202021050
    UNIT:2
    MATKUL:AKHLAK TASAWUF
    RESUME:11


    1. Thasawuf falsafi adalah thasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional yang mana ini suatu kajian terhadap Tuhan , manusia dan sebagai nya dengan menggunakan mistik dan rasional atau pun akal.yang mana thasawuf ini juga berbeda dengan thasawuf ahklak dan sunni.tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.tashuwuf filsafat merupakan pemikiran pemikiran para tokoh tokoh yang digunakan bahasa yang penuh filosofi.


    2. Siapakah tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi?
    Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah at-tho'i al-haytami atau dikenal dengan Ibnu Arobi (560 H - 638 H) 
    Abdul Karim Al-Jilli (1365 H - 1417 H)
    Abdul Haq Ibn Ibrahim Muhammad ibnu Nasr (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang Tashawuf Falsafi? menurut pemahaman saya dari penjelasan di atas dan yang saya ketahui Tashawuf Falsafi adalah salah satu aliran pada Tashawuf yang mana tashawuf falsafi yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional atau pun disebut dengan akal dan disini juga mempunyai banyak perbedaan jadi kita harus pandai dalam berfikir karena ada yang bilang boleh mengikuti dan tidak boleh dalam menjalankan aliran tasawuf falsafi.

    4. Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Karena pertentangan visi mistik yang bergabungkan dengan visi rasional ataupun akal sesuatu dirasionalkan akan timbul nya pemikiran penyimpangan-penyimpangan di kalangan masyarakat serta disebabkan oleh ajaran -ajaran yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak kalangan masyarakat bahkan terkadang ungkapan-ungkapan para tokoh hanya para tokoh yang memahaminya.

    ReplyDelete
  36. NAMA: HAYATUR RIDHA
    NIM:202021050
    UNIT:2
    MATKUL:AKHLAK TASAWUF
    RESUME:11


    1. Thasawuf falsafi adalah thasawuf yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional yang mana ini suatu kajian terhadap Tuhan , manusia dan sebagai nya dengan menggunakan mistik dan rasional atau pun akal.yang mana thasawuf ini juga berbeda dengan thasawuf ahklak dan sunni.tasawuf falsafi menggunakan terminologi filosofis dalam pengungkapannya serta berasal dari bermacam-macam ajaran ajaran filsafat yang telah mempengaruhi para tokohnya.tashuwuf filsafat merupakan pemikiran pemikiran para tokoh tokoh yang digunakan bahasa yang penuh filosofi.


    2. Siapakah tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi?
    Muhammad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah at-tho'i al-haytami atau dikenal dengan Ibnu Arobi (560 H - 638 H) 
    Abdul Karim Al-Jilli (1365 H - 1417 H)
    Abdul Haq Ibn Ibrahim Muhammad ibnu Nasr (614 H)

    3. Apa yang anda ketahui tentang Tashawuf Falsafi? menurut pemahaman saya dari penjelasan di atas dan yang saya ketahui Tashawuf Falsafi adalah salah satu aliran pada Tashawuf yang mana tashawuf falsafi yang menggabungkan visi mistis dan visi rasional atau pun disebut dengan akal dan disini juga mempunyai banyak perbedaan jadi kita harus pandai dalam berfikir karena ada yang bilang boleh mengikuti dan tidak boleh dalam menjalankan aliran tasawuf falsafi.

    4. Kenapa Tashawuf Falsafi sangat dipertentangkan di khalayak ramai?
    Karena pertentangan visi mistik yang bergabungkan dengan visi rasional ataupun akal sesuatu dirasionalkan akan timbul nya pemikiran penyimpangan-penyimpangan di kalangan masyarakat serta disebabkan oleh ajaran -ajaran yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Tashawuf Falsafi sulit untuk dipahami dan dimengerti oleh banyak kalangan masyarakat bahkan terkadang ungkapan-ungkapan para tokoh hanya para tokoh yang memahaminya.

    ReplyDelete