Tuesday, December 11, 2018

Sifat Wahdaniyah Allah Swt


Wahdaniyah artinya esa, mustahil ta’adud yaitu berbilang-bilang. Esa itu esa pada zat, esa pada sifat dan esa pada af’al.

Makna keadaan Allah Swt itu esa pada zat yaitu bahwa sesungguhnya zat Allah Swt tidak tersusun dari bagian-bagian dan susunan-susunan itu dinamakan dengan kam muttasil.

Dan juga dengan makna bahwa tidak ada zat yang maujudi dan tidak pula pada yang mumkin yang menyerupai akan zat Allah Swt dan keserupaan yang mustahil ini dinamakan dengan kam munfasil. Wahdaniyah pada zat adalah menghilangkan dua kam, yaitu kam muttasil dan kam munfasil.

Makna keadaan Allah Swt esa pada sifat yaitu bahwa sesungguhnya tidak ada baginya Allah Swt itu dua sifat yang bersesuaian pada nama dan makna seperti dua qudrah atau dua ilmu atau dua iradah. Maka hanya ada pada Allah Swt itu yaitu satu qudrah atau satu iradah atau satu ilmu. Berbeda halnya dengan Abu Sahal yang berkata bahwa sesungguhnya Allah Swt itu memiliki beberapa ilmu sebanyak bilangan yang diketahui. Dan ini berbilang pada sifat dinamakan dengan kam muttasil pada sifat.

Dan berarti juga bahwa tidak ada satu pun makhluk yang memiliki sifat yang menyerupai satu sifat dari sifat Allah Swt. Dan adanya makhluk yang memiliki sifat yang menyerupai sifat Allah Swt dinamakan kam munfasil pada sifat. Maka esanya Allah Swt pada sifat itu menghapus kam muttasil dan kam munfasil.

Makna keadaan Allah Swt esa pada af’al adalah bahwa tidak ada makhluk yang memiliki satu perbuatan. Karena Allah Swt yang menciptakan perbuatan-perbuatan semua makhluk dari sekalian para nabi, malaikat dan lainnya. Maka sesuatu yang terjadi pada kita berupa gerakan tangan ketika memukul adalah merupakan dengan ciptaan Allah Swt. Allah Swt berfirman :”Dan Allah lah yang telah mencipakan kamu dan (menciptakan) apa-apa yang kamu perbuat. Dan memiliki perbuatan segala makhluk dinamakan dengan kam munfasil pada af’al.


Wahdaniyah itu menghapus/menafikan Lima Kam

Sifat wahdaniyah yang wajib pada Allah Swt itu menghapus/menafikan lima kam yang mustahil pada Allah Swt.

1.      Kam muttasil pada zat yaitu tersusunnya zat dari bagian-bagian.
2.      Kam munfasil pada zat yaitu bahwa ada zat selain Allah yang menyerupai Allah Swt.
3.      Kam muttasil pada sifat yaitu bahwa pada Allah Swt ada dua sifat yang sama.
4.      Kam munfasil pada sifat yaitu bahwa makhluk memiliki sifat yang serupa dengan sifat Allah Swt.
5.      Kam munfasil pada af’al yaitu bahwa makhluk memiliki perbuatan.

Kam yang lima ini ternafi/terhapus dengan sifat wahdaniyahnya Allah Swt, Maha Suci Allah Swt dari kam-kam tersebut.

1 komentar: