Untuk mengetahui bagaimana tafsir dari ayat ini dan bagaimana
aqidah kaum ahli sunnah tentang ayat ini dan ayat-ayat serta hadits-hadits mutasyabihat lainnya,
maka marilah kita memperhatikan pendapat para ulama ahli sunnah berikut ini:
1 .Imam Al Baihaqiy
(wafat 458 H ) meriwayatkan :
“Yahya bin Yahya berkata:” Dulu kami
disisi Malik bin Anas, maka tiba-tiba datanglah seorang laki-laki lalu ia
berkata: “ Wahai Aba Abdillah (panggilan untuk Imam Malik):
( الرحمن
على العرش استوى )
“Ar-Rahman istawa diatas Arsy
“.( Thaha: 6 ). Bagaimana istawa ...?. Berkata (Yahya bin Yahya) maka Imam
Malik menundukkan kepalanya hingga peluh membasahinya kemudian beliau berkata:
الاستواء غير مجهول ، والكيف غير معقول ،
والإيمان به واجب ، والسؤال
عنه بدعة ، وما أراك إلا مبتدعا ، فأمر به أن يخرج
“Al-Istiwa’ tidak majhul (artinya diketahui), dan kaifiyat
tiada diketahui, dan beriman dengannya wajib, dan bertanya tentangnya adalah
bid’ah, dan aku tidak melihat engkau kecuali seorang yang bid’ah. Lalu Imam
Malik memerintahkan supaya ia keluar. (Lihat dan baca secara lengkap kitab Al- I’tiqad karangan Imam Al-Baihaqiy,
pada bab Al-Istiwa’)
Berkata Sufyan bin Uyainah:
كل ما وصف الله تعالى من نفسه في كتابه
فتفسيره تلاوته ،
“Tiap-tiap barang yang mensifatkan oleh Allah daripada diri-Nya didalam kitab-Nya, maka
tafsirnya adalah membacanya dan diam atasnya”. (Riwayat Al-Baihaqiy dalam kitab
Al-Asma’ wa Al-Shifat)
Imam Al-Baihaqiy berkata:
والآثار عن السلف في مثل هذا كثيرة « وعلى
هذه الطريق يدل مذهب الشافعي رضي الله عنه ، وإليها ذهب أحمد بن حنبل والحسين بن
الفضل البجلي . ومن المتأخرين أبو سليمان الخطابي
“Dan atsar dari pada Salaf pada masalah seperti ini banyak sekali.
Dan atas thariqat ( jalan ) ini menunjuki
mazhab Asy-Syafi’iy Radhiyallahu ‘anhu, dan kepadanya bermazhab
Ahmad bin Hanbal, dan Husain bin Fadhl Al-Bajaliy, dan Abu Sulaiman
Al-Khathabiy daripada mutaakhirin”.(Lihat dan baca secara lengkap kitab
Al-Asma’ wa Ash-Shifat 2/421)
Imam
Al-Baihaqiy berkata :” Wajib untuk
diketahui bahwa:
أن استواء الله سبحانه وتعالى ليس باستواء
اعتدال عن اعوجاج ولا استقرار في مكان ، ولا مماسة لشيء من خلقه ، لكنه مستو على
عرشه كما أخبر بلا كيف بلا أين ، بائن من جميع خلقه ،
“Istiwa’ Allah
Subhanahu wa Ta’ala, bukan istiwa’ lurus dari bengkok dan bukan menetap pada
satu tempat, dan tidak menyentuh bagi
sesuatu daripada makhluk-Nya. Akan tetapi Allah istiwa’ diatas Arasy-Nya
sebagaimana Ia mengkhabarkannya dengan tiada kaif (bagaimana), dengan tiada
aina (dimana), Ia terlepas dari semua makhluk-Nya.”
وأن إتيانه ليس بإتيان من مكان إلى مكان ، وأن
مجيئه ليس بحركة ، وأن نزوله ليس بنقلة ، وأن نفسه ليس بجسم ، وأن وجهه ليس بصورة
، وأن يده ليست بجارحة ، وأن عينه ليست بحدقة ، وإنما هذه أوصاف جاء بها التوقيف ،
فقلنا بها ونفينا عنها التكييف
“Dan bahwa ityan-Nya
bukan datang dari satu tempat ke satu tempat. Dan bahwa maji’-Nya
bukan dengan gerak. Dan bahwa nuzul-Nya bukan dengan berpindah.
Dan bahwa nafs-Nya bukan
jisim. Dan bahwa wajah-Nya
bukan rupa. Dan bahwa yad-Nya bukan anggota. Dan bahwa ‘ain-Nya
bukan bola mata. Dan hanya sanya ini semua adalah sifat-sifat yang datang dengannya oleh tauqif (Al-Quran,
Hadits), Maka kita mengatakan dengannya
dan kita nafikan ( tiadakan) kaifiyat daripadanya. Maka sungguh telah berfirman Allah Ta’ala:
( ليس
كمثله شيء ، ( ولم يكن
له كفوا أحد )
“ Tiada yang menyerupai Dia suatu
juapun”.(Asy-Syura: 11).” Dan tidak ada bagi-Nya kufu suatupun” (Al Ikhlas: 4 )
Imam Al Baihaqi meriwayatkan :” Al Walid bin Muslim berkata: “ Orang bertanya
kepada Al-Awza’iy, Malik, Sufyan Ats-Tsauriy , dan Al-Laits bin Sa’ad tentang
hadits ini ( musyabihat), maka mareka berkata:
: أمروها كما جاءت بلا
كيفية
"Perlakukanlah ia sebagaimana ia
datang dengan tiada kaifiyat”. (Baca kitab Al-I’tiqad secara lengkap pada bab
Al-Istiwa’)
2 . Berkata
Abu Mudhaffar Mansur bin Muhammad bin Abdul Jabbar As-Sam’aniy
: 426- 489 H , dalam tafsirnya:
ثم استوى على العرش ) أول المعتزلة الاستواء
بالاستيلاء ، وأنشدوا فيه :
(“Kemudian Allah ber-istiwa’
diatas Arasy”) . Mu’tazilah menta’wilkan istiwa’ dengan istila’
( menguasai ), dan mareka bersenandung padanya:
( قد استوى
بشر على العراق ** من غير سيف ودم مهراق )
(Sungguh Basyar telah menguasai diatas Iraq #
dengan tiada pedang dan darah yang ditumpahkan)
( وأما أهل
السنة فيتبرءون من هذا التأويل ، ويقولون : إن الاستواء على العرش صفة لله - تعالى
- بلا كيف ، والإيمان به واجب ، كذلك يحكى عن مالك بن أنس ، وغيره من السلف ، أنهم
قالوا في هذه الآية : الإيمان به واجب ، والسؤال عنه بدعة .
“Dan adapun Ahli Sunnah, maka berlepas diri
daripada ta’wil ini, dan mareka berkata: “ Sungguh istiwa’ ‘alal
‘Arsyi adalah sifat bagi Allah
Ta’ala dengan tiada kaifiyat, dan
beriman dengannya adalah wajib, seperti demikian dihikayahkan dari Malik bin
Anas dan lainnya daripada Salaf,
bahwa mareka berkata pada ayat ini:”
Beriman dengannya wajib dan bertanya
tentangnya adalah bid’ah.”(Baca Tafsir As-Sam’ani ayat 54 surat Al-A’raf).
3 . Berkata Abu Muhammad
Husain bin Mas’ud Al- Baghawi Asy-Syafi’iy ( Wafat tahun: 510 H)dalam
Tafsirnya. Ma’alimut Tanzil:
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ } قال
الكلبي ومقاتل: استقر. وقال أبو عبيدة: صعد. وأولت المعتزلة الاستواء بالاستيلاء،
“Berkata Al Kalabiy dan Muqatil
: Istawa = Istaqarra (tetap). Dan berkata Abu ‘Ubaidah :
Istawa = Sha’ida (naik). Dan Mu’tazilah menta’wilkan istiwa’ dengan istila’ (mengalahkan dan
menguasai)
وأما أهل السنة فيقولون: الاستواء على العرش صفة
لله تعالى، بلا كيف، يجب على الرجل الإيمان به، ويكل العلم فيه إلى الله عز وجل.
“Dan Adapun Ahli Sunnah maka
mareka berkata: “ Al-Istiwa’ ‘alal
‘Arsyi adalah satu sifat bagi Allah Ta’ala dengan tiada kaifiyat, wajib
atas seseorang beriman dengannya, dan menyerahkan ilmu padanya kepada Allah
‘Azza wa Jalla”.
وروي عن سفيان الثوري والأوزاعي والليث بن
سعد وسفيان بن عيينة وعبد الله بن المبارك وغيرهم من علماء السنة في هذه الآيات
التي جاءت في الصفات المتشابهة: أمِرّوها كما جاءت بلا كيف.
“Diriwayatkan dari Sufyan
Ats-Tauriy, Al-Awza’iy, Al-Laits bin Sa’ad, Sufyan bin ‘Uyainah, Abdullah bin
Al-Mubarrak dan lain-lain daripada ulama sunnah tentang ayat-ayat yang datang
pada sifat-sifat yang mutasyabih (serupa), mareka berkata: “ Perlakukanlah ia
sebagaimana ia datang dengan tiada kaifiyat”. (Baca :Tafsir Al Baghawiy secara
lengkap pada surat Al-A’raf ayat 54)
4 . Berkata Ibnu Katsir dalam tafsirnya
وإنما يُسلك في هذا المقام مذهب السلف
الصالح: مالك، والأوزاعي، والثوري،والليث بن سعد، والشافعي، وأحمد بن حنبل، وإسحاق
بن راهويه وغيرهم، من أئمة المسلمين قديما وحديثا، وهو إمرارها كما جاءت من غير
تكييف ولا تشبيه ولا تعطيل.
“Dan hanya sanya yang ditempuh
pada masalah ini adalah mazhab Salafus Shalih, yaitu Malik, Al-Awza’iy,
Ats-Tsauriy, Al-Laits bin Sa’ad, Asy-Syafi’iy, Ahmad bin Hanbal, Ishaq bin
Rahawaih dan lain-lain daripada Imam–imam Muslimin dulu dan sekarang, yaitu
memberlakukannya (ayat-ayat musyabbihat) sebagaimana ia datang daripada tiada
mengkaifiyatkan dan tiada mentasybihkan (menyerupakan) dan tiada menta’thilkan (mentiadakan
sifat-sifat yang datang dalam ayat-ayat tersebut). (Lihat Tafsir Ibnu Katsir
secara lengkap pada tafsir surat Al-A’raf ayat 54)
Ibnu Katsir mengambil kata-kata Nu’aim bin Himad
Al-Khuza’iy Syaikh Al-Bukhariy:
"من
شبه الله بخلقه فقد كفر، ومن جحد ما وصف الله به نفسه فقد كفر". وليس فيما
وصف الله به نفسه ولا رسوله تشبيه، فمن أثبت لله تعالى ما وردت به الآيات الصريحة
والأخبار الصحيحة، على الوجه الذي يليق
بجلال الله تعالى، ونفى عن الله تعالى النقائص، فقد سلك سبيل الهدى.
“Barangsiapa menyerupakan Allah
dengan makhluk-Nya maka ia telah jadi kafir. Dan barangsiapa mengingkari apa yang
telah disifatkan Allah akan diri-Nya dengannya maka ia telah menjadi kafir. Dan
tidak ada pada apa yang telah disifatkan Allah akan diri-Nya denganya tasybih
(serupa). Maka barang siapa yang menetapkan bagi Allah Ta’ala apa yang datang
ayat-ayat yang sharih(jelas) dan hadits-hadits yang shahih dengannya, atas jalan
yang layak dengan Jalal Allah Ta’ala, dan menafikan segala kekurangan daripada
Allah Ta’ala, maka ia telah berjalan pada jalan petunjuk”.
5 . Berkata Jalaluddin As- Sayutiy Asy-Syafi’iy (wafat 911 H) dalam tafsir
Ad-Durrul Mantsur:
“Mengeluarkan oleh Ibnu
Mardawih dan Al-Lalka-iy dalam sunnah dari Ummi Salamah Ummil Mu’minin
Radhiyallahu ‘anha, tentang firman Allah
:
ثم استوى على العرش } قالت : الكيف غير
معقول والاستواء غير مجهول والاقرار به ايمان والجحود به كفر .
“(Kemudian Allah ber-istiwa’
diatas Arasy)”, Ummu Salamah berkata:”
Kaifiyat tidak diketahui, dan istiwa’ tidak majhul , dan ber-ikrar (mengakui)
dengannya adalah iman, dan mengingkari
dengannya adalah kufur”.
6 . Berkata Imam Al- Ghazaliy
وأنه مستو على العرش على الوجه الذي قاله
وبالمعنى الذي أراده استواء منزها عن المماسة والاستقرار والتمكن والحلول
والانتقال لا يحمله العرش بل العرش وحملته محمولون بلطف قدرته ومقهورون في قبضته
“Dan bahwa sesungguhnya Allah ber-istiwa’ diatas ‘Arasy diatas jalan yang Ia mengatakannya, dan dengan ma’na yang Ia
menghendakinya, sebagai istiwa’ yang
Maha Suci Ia daripada menyentuh dan tetap dan bertempat dan berpindah. Arasy tidak menanggung-Nya, tetapi Arasy dan pembawanya yang ditanggung
dengan kelembutan qudrat-Nya dan
yang dikalahkan dalam
genggaman-Nya”.(Ihya’ “Ulumuddin, pada
kitab Qawaid ‘Aqidah)
6 . Berkata Abu Mansur Abdul
Qahir bin Thahir Al Baghdadiy (wafat 429 H ), dalam kitab Al-Faraq bainal Firaq:
“ Berkata
Amiril Mukminin Aliy Radhiyallahu ‘anhu:
ان الله تعالى خلق العرش اظهارا
لقدرته لا مكانا لذاته
“Sesungguhnya Allah Ta’ala
menjadikan Arasy untuk mendhahirkan bagi qudrah-Nya bukan untuk tempat bagi
zat-Nya”. (Lihat; Alfaraq bainal Firaq, hal 321).
Saidina Aliy
berkata pula:
قد كان ولا مكان وهو الآن على ما
كان
“ Sungguh telah
ada Allah dan tidak ada tempat, dan Allah sekarang atas apa yang dulu ada Ia”. (Lihat; Alfaraq bainal Firaq, hal 321).
7 . Tersebut dalam tafsir Samarqand
وإنما خلق العرش لا لحاجة نفسه ولكن لأجل
عباده ليعلموا أين يتوجهون في دعائهم لكي لا يتحيّروا في دعائهم ، كما خلق الكعبة
علماً لعبادتهم ، ليعلموا إلى أين يتوجهون في العبادة .
“Hanya sanya Allah menjadikan Arsy bukan karena hajat
diri-Nya, tetapi karena hamba-Nya supaya mareka mengetahui kemana mareka berhadap pada do’a mareka
supaya mareka tidak bingung pada doa mareka. Sebagaimana Allah menjadikan
Ka’bah sebagai tanda bagi ibadat mareka supaya mareka mengetahui kemana mareka
berhadap pada ibadat mareka.(Baca Tafsir Samarqandi secara lengkap pada tafsir
ayat 54 surat Al-A’raf)
Itulah tafsir daripada ayat-ayat mutasyabbihat yang
telah kami nukilkan daripada kitab-kitab tafsir ulama-ulama ahli sunnah dan
i’tiqad mareka tentang ayat-ayat itu.
Oleh: Teungku Nashiruddin bin Hanafiyyah
Al-Asyiy Asy-Syafi’iy , tahun 2011
Semoga kita menjadi ahli sunnah wal jama'ah
ReplyDeleteAlhammdulillah
ReplyDelete😍
ReplyDelete