Thursday, December 20, 2018

Hasad, Sombong, Namimah dan Ghibah




والحسد تمنى زوال نعمة الغير سواء كان تمنى ان تئتي له اي للحسد او لا و الكبر بطر الحق وغمض الخلق و معنى بطر الحق رده على قائله ومعنى غمض الخلق الاستهزاء

Dan hasad itu adalah berencana untuk menghilangkan nikmat orang lain baik ia berencana nikmat tersebut datang kepadanya atau tidak. dan sombong adalah tidak menerima kebenaran mengolok-ngolok orang. makna  بطر الحق  adalah menolak kebenaran atas orang yang mengatakannya dan makna غمض الخلق  adalah melakukan olok-olok.

Sombong juga diartikan adalah membesarkan diri dan menganggap dirinya lebih baik dari orang lain.

Namimah adalah berusaha diantara manusia dengan cara merusak. namimah juga diartikan memindahkan perkataan manusia atau perbuatan mereka atau keadaan mereka kepada orang lain dengan cara merusak.

Ghibah merupakan membicarakan orang lain tentang apa yang mereka benci walau dihadapan orang tersebut.

ومحل ما تقدم من حرمة الحسد ان لم تكن النعمة حاصلة للمحصود على الفجور و الا جاز تمنى زوال النعمة عنه

Dan penempatan apa yang terdahulu dari haramnya hasad itu adalah jika nikmat itu tidak terjadi bagi si mahsud (orang yang di hasad) dengan jalan kejahatan. dan jika tidak (jika nikmatnya itu diperoleh dengan cara kejahatan) bolehlah mengharapkan lenyapnya nikmat tersebut dari padanya.

Sebab-sebat terjadi hasad itu:
1. bencinya kepada orang lain karena kelebihan atau nikmat yang didapati orang lain.
2. kelebihan orang lain yang si hasad tidak bisa tercapai seperti orang lain itu
3. merasa susah hati terhadap kelebihan orang.

oleh karena itu, maka kita wajib untuk menjauhi diri dari sifat hasad, sombong, namimah dan ghibah. karena Rasulullah Saw bersabda: 

"Sesungguhnya dipintu-pintu langit itu terdapat para petugas yang kan menolak segala amalan-amalan yang suka berbuat sombong, hasad dan ghibah artinya mereka penjaga pintu-pintu langit melarang amalan-amalan tersebut naik kelangit maka dia tidak diterima".

1 komentar:

  1. http://ismail-alfalaky.blogspot.com/2019/01/memahami-politik-identitas.html

    ReplyDelete