Sunday, March 8, 2020

Iman itu Makhluk atau Bukan?

Ditanyai orang, iman itu ciptaan Allah atau bukan? Maka berbedalah beberapa Jamaah tentang ini.

Jamaah yang mengatakan iman adalah makhluk (ciptaan Allah), barangsiapa yang mengatakan iman itu bukan makhluk maka berdosa ia.

Dan jama'ah yang mengatakan bahwa iman itu bukan makhluk, barangsiapa yang mengatakan iman itu makhluk maka jadi kafir ia.

Diantara kedua pendapat ini, yaitu iman itu makhluk dan iman itu bukan makhluk, siapakah yang benar?

Jumhur Muhaqiqin mengatakan iman itu merupakan membenarkan (tasdiq) dengan hati barang yang datang akan ia, yakni membenarkan dengan barang yang diketahui suatu yang sangat nyata yang datang dari Rasulullah Saw dari Allah Swt, dan ikrar dengan lidah itu satu syarat pada melakukan hukum didunia jua.

Ada yang mengatakan, bahwasanya iman itu mengikrarkan dengan lidah dan melakukan amal seperti shalat dan zakat. 

Berdasarkan pendapat di atas, maka iman itu adalah makhluk, karena bahwasanya iman itu adalah perbuatan hamba yang diciptakan oleh Allah.

Abu Laits As Samarkandi berkata, menjawab soal tentang iman itu makhluk atau bukan, bermula iman itu mengikrarkan yakni mengucap dengan lidah hamba dan iman yang bermakna begini adalah makhluk, dan sedangkan hidayah Allah bagi hamba untuk beriman adalah perbuatan Allah dan bukan makhluk, 

Maka jawaban ini merupakan tasamuh (menyetujui) karena hidayah Allah bagi hamba itu sebab bagi berimannya hamba bukanlah diri iman, karena tiada ditanyai diri iman dan sebabnya.

(Syeh Daud bin Abdullah, Furu' Masail, juz. 1, hal. 4)

0 komentar:

Post a Comment