Tuesday, January 8, 2019

Mengenai Waktu Shalat

Tentang Waktu Shalat, 

1 . Tersebut dalam kitab Tuhfatul Muhtaj karangan Ibnu Hajar Al-Haytamiy pada bab waktu shalat, begini:

وَلِلْمُنَجِّمِ الْعَمَلُ بِحِسَابِهِ وَلَا يُقَلِّدُهُ فِيهِ غَيْرُهُ
“Dan boleh bagi ahli perbintangan (nujum) beramal dengan hisabnya. Dan orang lain tidak boleh bertaqlid kepadanya”.

2 . Tersebut dalam kitab Mughni Al-Muhtaj, karangan Khatib Syarbainiy, pada bab waktu shalat begini :

وَيَعْمَلُ الْمُنَجِّمُ بِحِسَابِهِ جَوَازًا لَا وُجُوبًا ، وَلَا يُقَلِّدُهُ غَيْرُهُ عَلَى الْأَصَحِّ فِي التَّحْقِيقِ وَغَيْرِهِ ، وَالْحَاسِبُ وَهُوَ مَنْ يَعْتَمِدُ مَنَازِلَ النُّجُومِ وَتَقْدِيرَ سَيْرِهَا فِي مَعْنَى الْمُنَجِّمِ ، وَهُوَ مَنْ يَرَى أَنَّ أَوَّلَ الْوَقْتِ طُلُوعُ النَّجْمِ الْفُلَانِيُّ.
“Dan ahli perbintangan boleh bukan wajib, beramal dengan hisabnya. Dan orang lain tidak boleh bertaqlid kepadanya berdasarkan ashah(pendapat kuat) yang tersebut dalam kitab Tahqiq dan lainnya. Dan ahli hisab yaitu orang yang berpegang kepada manzilah bintang-bintang dan memperkirakan perjalannya, termasuk dalam makna munajjim. Dan Munajjim adalah orang yang berpendapat bahwa awal waktu adalah keluar bintang fulan”.

3 . Tersebut dalam kitab Nihayatul Muhtaj karangan Muhammad Ramliy pada bab waktu shalat , begini:
وَيَجُوزُ لِلْمُنَجِّمِ وَالْحَاسِبِ الْعَمَلُ بِمَعْرِفَتِهِمَا وَلَيْسَ لِأَحَدٍ تَقْلِيدُهُمَا فِيهِ .
“Dan boleh bagi ahli perbintangan(Munajjim) dan ahli hisab(Hasib) beramal dengan pengetahuan keduanya. Dan tidak boleh bagi orang lain untuk bertaqlid kepada keduanya”,

4 . Tersebut dalam kitab Asnal Mathalib karangan Syaikh Zakaria Al-Anshariy pada bab waktu shalat, begini:

وَيَعْمَلُ الْمُنَجِّمُ بِحِسَابِهِ  جَوَازًا لَا وُجُوبًا  وَلَا يُقَلِّدُهُ غَيْرُهُ
“Dan boleh bukan wajib,  beramal oleh ahli perbintangan (Munajjim) dengan hisabnya. Dan tidak boleh orang lain bertaqlid kepadnya”.

4 . Tersebut dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin karangan Sayed Abdurrahman bin Muhammad bin Husain bin  Umar yang terkenal dengan  Ba ‘Alawiy, halaman 23:

صلاة الصبح بمجرد استواء النجوم وغروبها مما يغلط فيه ، والشرع لم يعلق الحكم بمعرفة النجوم ، بل علقه بطلوع الفجر الصادق ، وليس لمن صدق المنجم تقليده في ذلك.
"Shalat shubuh dengan semata-mata istiwa’ bintang-bintang dan terbenamnya termasuk perkara yang salah. Dan syara’ tidak menyangkutkan hukum dengan mengetahui bintang-bintang, tetapi syara’ menyangkutkan hukum dengan keluar fajar shadik (fajar benaran). Dan tidak boleh bagi orang yang membenarkan ahli perbintangan bertaqlid kepadanya pada masalah itu”.

Dan tersebut lagi:

العبرة في دخول وقت الصلاة وخروجه بما وقته الشارع له لا بما ذكره المؤقتون ،
“Yang diakui pada masuk waktu shalat dan keluarnya adalah waktu yang telah ditetapkan oleh Syari’ (Allah), bukan yang disebutkan oleh orang-orang  pembuat waktu shalat (Muwaqqitun).”

5. Tersebut dalam kitab Sabilal Muhtadin Melayu karangan  Syaikh Arsyad Banjar, pada fasal ijtihad waktu shalat, begini:

“Dan harus bagi Munajjim dan Hasib mengamalkan dengan hisabnya. Tetapi tiada harus bagi yang lainnya taqlid bagi keduanya”. (Sabilal Muhtadin. 1/157)

Oleh: Tgk. Nashiruddin Pimpinan Dayah Darul Falah

0 komentar:

Post a Comment