Tentang Waktu Shalat,
1 . Tersebut dalam kitab Tuhfatul Muhtaj karangan
Ibnu Hajar Al-Haytamiy pada bab waktu shalat, begini:
وَلِلْمُنَجِّمِ الْعَمَلُ بِحِسَابِهِ
وَلَا يُقَلِّدُهُ فِيهِ غَيْرُهُ
“Dan
boleh bagi ahli perbintangan (nujum) beramal dengan hisabnya. Dan orang lain
tidak boleh bertaqlid kepadanya”.
2
. Tersebut dalam kitab Mughni Al-Muhtaj, karangan Khatib Syarbainiy, pada bab
waktu shalat begini :
وَيَعْمَلُ الْمُنَجِّمُ بِحِسَابِهِ
جَوَازًا لَا وُجُوبًا ، وَلَا يُقَلِّدُهُ غَيْرُهُ عَلَى الْأَصَحِّ فِي
التَّحْقِيقِ وَغَيْرِهِ ، وَالْحَاسِبُ وَهُوَ مَنْ يَعْتَمِدُ مَنَازِلَ
النُّجُومِ وَتَقْدِيرَ سَيْرِهَا فِي مَعْنَى الْمُنَجِّمِ ، وَهُوَ مَنْ يَرَى
أَنَّ أَوَّلَ الْوَقْتِ طُلُوعُ النَّجْمِ الْفُلَانِيُّ.
“Dan
ahli perbintangan boleh bukan wajib, beramal dengan hisabnya. Dan orang lain
tidak boleh bertaqlid kepadanya berdasarkan ashah(pendapat kuat) yang tersebut
dalam kitab Tahqiq dan lainnya. Dan ahli hisab yaitu orang yang berpegang
kepada manzilah bintang-bintang dan memperkirakan perjalannya, termasuk dalam
makna munajjim. Dan Munajjim adalah orang yang berpendapat bahwa awal waktu
adalah keluar bintang fulan”.
3 . Tersebut dalam kitab Nihayatul Muhtaj karangan
Muhammad Ramliy pada bab waktu shalat , begini:
وَيَجُوزُ لِلْمُنَجِّمِ وَالْحَاسِبِ الْعَمَلُ
بِمَعْرِفَتِهِمَا وَلَيْسَ لِأَحَدٍ تَقْلِيدُهُمَا فِيهِ .
“Dan
boleh bagi ahli perbintangan(Munajjim) dan ahli hisab(Hasib) beramal dengan
pengetahuan keduanya. Dan tidak boleh bagi orang lain untuk bertaqlid kepada
keduanya”,
4 . Tersebut dalam kitab Asnal Mathalib karangan
Syaikh Zakaria Al-Anshariy pada bab waktu shalat, begini:
وَيَعْمَلُ الْمُنَجِّمُ بِحِسَابِهِ جَوَازًا لَا وُجُوبًا وَلَا يُقَلِّدُهُ غَيْرُهُ
“Dan boleh bukan wajib, beramal oleh ahli perbintangan (Munajjim)
dengan hisabnya. Dan tidak boleh orang lain bertaqlid kepadnya”.
4 . Tersebut dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin
karangan Sayed Abdurrahman bin Muhammad bin Husain bin Umar yang terkenal dengan Ba ‘Alawiy, halaman 23:
صلاة الصبح
بمجرد استواء النجوم وغروبها مما يغلط فيه ، والشرع لم يعلق الحكم بمعرفة النجوم ،
بل علقه بطلوع الفجر الصادق ، وليس لمن صدق المنجم تقليده في ذلك.
"Shalat shubuh
dengan semata-mata istiwa’ bintang-bintang dan terbenamnya termasuk perkara
yang salah. Dan syara’ tidak menyangkutkan hukum dengan mengetahui
bintang-bintang, tetapi syara’ menyangkutkan hukum dengan keluar fajar shadik
(fajar benaran). Dan tidak boleh bagi orang yang membenarkan ahli perbintangan
bertaqlid kepadanya pada masalah itu”.
Dan tersebut lagi:
العبرة في
دخول وقت الصلاة وخروجه بما وقته الشارع له لا بما ذكره المؤقتون ،
“Yang diakui pada
masuk waktu shalat dan keluarnya adalah waktu yang telah ditetapkan oleh Syari’
(Allah), bukan yang disebutkan oleh orang-orang
pembuat waktu shalat (Muwaqqitun).”
5. Tersebut dalam
kitab Sabilal Muhtadin Melayu karangan
Syaikh Arsyad Banjar, pada fasal ijtihad waktu shalat, begini:
“Dan harus bagi
Munajjim dan Hasib mengamalkan dengan hisabnya. Tetapi tiada harus bagi yang
lainnya taqlid bagi keduanya”. (Sabilal Muhtadin. 1/157)
Oleh: Tgk. Nashiruddin Pimpinan Dayah Darul Falah
Oleh: Tgk. Nashiruddin Pimpinan Dayah Darul Falah
0 komentar:
Post a Comment