Tuesday, January 1, 2019

Dalil Wahdaniyah dan Hakikat Pemberi Bekas

فوجود العالم دليل على وحدانيته تعالى و على انه لاشريك له فى فعل من الافعال ولا واسطة له فى فعل جل تعالى وهوالغني الغنى المطلق
Maka wujud alam adalah dalil atas esanya Allah Ta'ala dan atas sesungguhnya tiada sekutu bagi Nya dalam suatu perbuatan dari beberapa perbuatan dan tiada perantara bagi Nya dalam perbuatan Maha Agung lagi Maha Tinggi Allah dan Dialah yang kaya dengan kekayaan mutlak.

ومن هذا الدليل انه لا تاءثير لشيء من النار والسكين ووالاكل فى الاحراق و القطع والشبع بل الله تعالى يحلقوالاحراق فى الشيء الذى مسته النار عند مسها له ويخلق القطع فى الشيء الذى باشرته السكين عند مباشرتها له ويخلق الشبع عند الاكل واري عند الشرب
Dan dari dalil ini, bahwa sesungguhnya pekerjaan tidak ada pemberian bekas  terhadap sesuatu dari api, pisau dan makan, dalam hal membakar, memotong dan mengenyangkan melainkan Allah Ta'ala yang menciptakan keadaan terbakar pada sesuatu yang tersentuh oleh api ketika api menyentuhnya dan menciptakan keadaan terpotong pada sesuatu yang tergores oleh pisau ketika pisau menggoresnya serta menciptakaan keadaan kenyang ketika makan dan keadaan hilang dahaga ketika minum.

فمن اعتقد ان النار محرقة بطبعها والماء يروى بطبعه و هكذا فهو كافر باجماع
Maka barangsiapa yang beri'tikad bahwa sesungguhnya api itu membakar dengan tabi'atnya dan air itu menghilangkan dahaga dengan tabi'atnya dan begitu seterusnya maka dia kafir dengan ijma'.

ومن اعتقد انها محرقة بقوة خلقها الله فيها فهو جاهل فاسق لعدم علمه بحقيقة الودانية
Dan barang siapa yang beri'tikad bahwa sesungguhnya api itu membakar dengan kekuatan yang telah Allah jadikan padanya maka dia itu bodoh lagi fasiq karwna ketiadaan ilmunya dengan hakikat wahdaniyah.
(كفاية العوام : ٤٣)

Masalah sesuatu memberi bekas atau tidak, ada 3 golongan

1. Beri'tikad bahwa tidak ada sesuatu yang memberi bekas selain Allah Swt. Api tidak akan membakar bila Allah tidak menghendaki, begitu juga lainnya dan untuk membakar Allah tidak membutuhkan api (tanpa berhajat kepada perantara). Maka ini golongan yang selamat.

2. Beri'tikad bahwa segala sesuatu  tidak memberi bekas dengan sendirianya, tetapi ia memberi bekas dengan kekuatan yang telah Allah jadikan padanya. Api itu membakar lantaran Allah memberikan kekuatan kepada api untuk membakarnya, dan lainnya. Maka ini golongan Jahil lagi Fasiq.

3. Beri'tikad bahwa segala sesuatu itu memberi bekas dengan tabiatnya. Api membakar itu karena memang tabiat api panas (membakar). Maka ini golongan kafir dengan ijma'.



0 komentar:

Post a Comment