Saturday, October 28, 2023

Nomor Urut Resume Ghaib



Biasa setiap selesai Kelas Belajar Menulis Nasional (KBMN) ke-30, saya selalu ngumpul resume itu pada urutan belasan, ya sebab saya sebagai pengajar di pesantren, tentunya kelas belajar di pesantren itu kalau malam dari setelah shalat Megrib sampai jam 22.00 sekian, bahkan ada yang mendekati hampir jam 23.00.

Kebetulan semalam, Jumat, 27 Oktober 2023 tepatnya pada pertemuan ke 6 KBMN, para santri belajar zikir untuk persiapan merayakan Maulid Nabi Muhammad Saw, proses belajar mengajar (beut) hanya sampai waktu shalat Isya.

Karena kekosongan waktu, Saya coba fokus ke group KBMN dengan materi Mengatasi Writer's Block, pemateri Ditta Widya Utami, S.Pd. Gr yang dipandu moderator ibu Lely Suryani, S.Pd. SD. Pembahsan yang sangat luar biasa.

Ya.. Alhamdulillah, dari biasanya pengumpul resume dengan urutan belasan, pada pertemuan ke-6 ini saya bisa buat resume cepat, mungkin kalau di kumpulan kirim link resume entah saya yang pertama, ya gak lagi saya cek. Tapi dilist nama di group saya urutan 3.

Dengan rasa lega telah saya tunaikan satu keharusan sebagai bentuk keseriusan saya di KBMN ini, tugas buat resume telah tuntas dan list pun telah saya tulis di group.

Masalah lulus bagi saya itu masalah 100, sebab dulu entah pada gelombang 7 saya juga pernah dimasukkan oleh Om Jay, tapi saya hanya bertahan entah seminggu trus saya left group.

Tapi anehnya, pas saya bangun tidu pagi ini, tentunya setelah shalat subuh saya buka group KBMN dan saya lihat list nama pengirim resume, nama saya sudah diposisi 16 😀, padahal semalam saya manfaatkan waktu dan bisa saya kumpul pada urutan 3.

Apa ini perbuatan GHAIB? 😀😀😀.

Ah, sebenarnya perubahan nomor list itu masalah, hal biasa dalam dunia persilatan, tapi kehati-hatian kita agar tidak ada hati yang tersakiti itu lebih baik, apalagi sebagai bentuk tsiqah dan menghargai pengerbonan orang lain.

Hehehehe, lupakan masalah list nama pengumpul resume, dan lupakan masalah lulus, yang penting kita setiap hari menulis dan ini sebagai motivasi bagi saya untuk menulis pagi ini. Terima kasih telah memotivasi saya 😀

Oya,Sebagai bentuk komitmen saya mengikuti KBMN ini, setiap ada kelas, saya selalu memgajukan pertanyaan dengan cara intip-intip hp saat ngajar trus mengetik satu pertanyaan ke pemateri.

Salam literasi.

3 komentar:

  1. Pak Ustad salah Paham Pak. Perlu sedikit jeli melihat tema resume. Tadi malam Pak Ustad masuk pada lis ke 3 resume, itu pada resume materi ke 6 WB.
    Yang pagi ini, nama bapak ada dalam lis 16. Karena itu lis materi ke 5 yaitu menulis buku Ajar. Monggo dilihat lagi

    ReplyDelete