Wednesday, October 18, 2023

Resume Ke-2; Menjadikan Menulis Sebagai Passion

 Pertemuan Ke-2
Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI Ke-30
Rabu, 18 Oktober 2023

Pemateri             : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd
Moderator          : Widya Arema


Rabu, 18 Oktober 2023 merupakan malam kedua Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI Ke-30 dengan narasumber Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd dengan moderator Widya Arema. Bunda Kanjeng merupakan Ratu Antologi. Buku-buku beliau sudah ratusan judul yang telah diterbitkan, nah ini sangat luar biasa untuk literasi, semoga beliau dalam keadaan sehat sekeluarga.

Menulis merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa pun dan dimanapun, tinggal seseorang mengolah bahasa tulisannya agar mudah dicerna dan diminati sehingga menjadi konsumsi publik. Inilah sebabnya menulis merupakan passion yang menjanjikan. Sebagai penulis pemula untuk lebih komitmen dan melawan rasa malas untuk terus menulis dan tentunya di publish di blognya. Tulislah sesuatu yang disukai dan yang biasa dilakukan agar tidak mudah terkendala (writer block) saat pertemgahan tulisan. ketika telah terjadi writer block, maka sesegera mungkin mencari ide baru atau suasana yang mampu menumbuhkan energi berpikir yang baru, ini yang disampaikan bunda Kanjeng pada peserta KBMN ke-30 via group.

Ada berepa hal yang bunda Kanjeng sampaikan saat memberikan materi, yaitu:

1. Kendala dan hambatan sehingga malas menulis
    - Merasa tidak mempunyai bakat menulis
    - Tidak memiliki waktu
    - Tidak memiliki ide
    - Tidak mau dikritik
    - Tidak suka menulis

2. Langkah-langkah menjadi penulis yang baik
    - Read
    - Discuss
    - Look & Feel
    - Socialize

Ketika sedag menulis kemudian datang rasa malas yang sangat luar biasa, maka ingat hadis Rasulullah Saw yang bunda Kanjeg sebutkan yaitu:

"Khairunnas anfa'uhum linnas"
(Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat untuk manusia lain"

3. Writing Preparation
     - Menggali dan menemukan gagasan/ide
     - Menentukan tujuan, genre dan segmen pembaca
     - Menetukan topik
     - Membuat Outline
     - Mengumpulkan bahan materi /buku

Untuk menghasilkan suatu tulisan baik berupa opini maupun buku, bunda Kanjeng memaparkan dengan jelas pada point 4 berikut ini:

4. Menulis itu harus sabar

Kelebihan yang dimiliki bunda Kanjeng adalah dari hanya foto cucu bisa menjadi tulisan yang akan berupa buku, ini sangat luar biasa daya nalar menulis bunda Kanjeng.

Setelah selesai materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari penanya-penanya hebat yang langsung dijawab oleh bunda Kanjeng dengan jawaban yang sangat memuskan.

Di akhir pertemuan, bunda Kanjeng menarik beberapa kesimpulan yang sangat bermanfaat bagi penulis pemula, yaitu:

  1. Menulis dan membaca adalah kegiatan literasi yang akan mencerdaskan siapa yang menyadari punya potensi sejak dilahirkan.
  2. Menulis banyak sekali manfaatnya. jangan ada kata terlambat atau tidak bisa bila belum dicoba atau dipraktikkan.
  3. Teruslah membaca dan menulis agar ada jejak digital maupun bentuk perintah, yang karyanya bisa menjadi warisan, sekaligus sebagai jejak bahwa kita pernah hidup.

0 komentar:

Post a Comment