Tuesday, November 13, 2018

Qadha dan Qadar

Pengertian Qadha
Menurut bahasa qadha memiliki beberapa arti yaitu hukum, ketetapan, perintah, kehendak, pemberitahuan, dan penciptaan. Sedangkan menurut istilah, qadha adalah ketentuan atau ketetapan Allah SWT dari sejak zaman azali tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan makhluk-Nya sesuai dengan iradahnya(kehendak-Nya) berkaitan dengan baik dan buruk, hidup dan mati, siang dan malam, laki-laki dan perempuan atau pun sebagainya, (Nasrudin Razak,  Dinul Islam, h. 69).

Qadha juga diartikan adalah kehendak Allah Swt dan berhubungannya pada azali. Dan juga qadha diartikan adalah ilmu Allah yang azali dan berhubungannya dengan yang ma’lum (Syaikh Ibrahim Baijuri, Kifayatul Awwam, h. 65).

Pengertian Qadar
Menurut bahasa, qadar berarti kepastian, peraturan, dan ukuran. Sedangkan secara istilah qadar yaitu perwujudan qadha Tuhan bagi manusia setelah berusaha (ikhtiar), dapat juga diartikan sebagai penentuan atau pembatasan ukuran segala sesuatu sebelum terjadinya dan menulisnya di lauhil mahfudz, (Nasrudin Razak,  Dinul Islam, h. 70).

Qadar juga diartikan adalah penciptaan Allah Swt akan segala sesuatu sesuai dengan iradah. Dan qadar juga diartikan adalah penciptaan Allah akan segala sesuatu sesuai dengan ilmu, (Syaikh Ibrahim Baijuri, Kifayatul Awwam, h. 66).

Qadha dan Qadar
Maka kehendak Allah Ta’ala yang berhubungan pada azali dengan bahwa seseorang akan menjadi orang yang berilmu atau orang yang berkuasa adalah qadha, dan penciptaan ilmu pada diri seseorang sesudah seseorang terwujud atau sesudah berkuasa sesuai dengan iradah adalah qadar.

Atau ilmu Allah yang berhubungan pada azali dengan bahwa seseorang akan menjadi berilmu sesudah wujudnya adalah qadha, dan penciptaan ilmu padanya sesudah wujudnya adalah qadar.

Dan berdasarkan tiap-tiap dari perkataan qadha dan qadar, maka qadha adalah qadim karena dia adalah sifat dari sifatnya Allah, adakalanya iradah atau ilmu, sedangkan qadar adalah bahru karena dia merupakan ciptaan, sedangkan ciptaan itu adalah sebagian dari ta’luk qudrah dan ta’luk iradah.




6 komentar:

  1. apa pun yang terjadi pada kita adalah merupakan taqdir yang terbaik dan selalu kia berdoa semoga sesuai asa

    ReplyDelete
  2. Pembahasan tentang Qadha dan Qadhar merupakan pembahasan yg amat penting bagi setiap muslim. Tulisan ini membantu saya dalam mengerti lebih lanjut tentang pemahaman lebih mendalam mengenai hal ini. Syukran Ustadz atas tulisan yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Banyak tulisan bapak yang saya baca, hampir semuanya. Terkhusus yang ini tentang qadha dan qadar. Pembahasan ini sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa/i yang sedang dalam masa pembelajaran, membantu kami dalam memahami apa dan bagaimana qadha dan qadar itu. Terimasih kami ucapkan karena bapak selalu membantu kami dan menyampaikan banyak materi dalam proses belajar selama ini. Semoga bapak selalu di mudahkan dalam segala hal oleh ALLAH SWT.

    saya RIta arafani
    Pai unit 2
    Semester 3

    ReplyDelete
  4. Sebagian besar dari tulisan bapak sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa/i,terutama materi tentang qadha dan qadar,tulisannya pun jelas enak dibaca dan mudah untuk dipahami, semoga kedepannya lebih banyak lagi ilmu yg bapak tulis yang lebih bermanfaat lagi

    Saya sri ayuni
    Pai unit 2
    Semester 3

    ReplyDelete
  5. Tulisan ini sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi kita pelajar. Dengan adanya tulisan ini kita dapat mengetahui apa pengertian dari qadha dan qadar, semoga kedepannya semakin banyak judul lain yang dapat kita baca dan semoga bermanfaat bagi kita semua..Aminnn.

    Menurut saya qadha dan qadar mempunyai banyak arti dan mempunyai tujuan yang sama, seperti pengertian dibawah ini qadha menurut ulama Ahlussunnah waljamaah adalah kehendak Allah atas sesuatu pada azali untuk sebuah kejadian pada saat sesuatu di luar azali nanti atau dikehidupan yang sekarang.
    Sedangkan qadar menurut ahlussunnah waljamaah adalah penciptaan Allah pada sesuatu pada qadar tertentu sesuai dengan kehendaknya pada azali.

    Saya NAJMI MAULIDA
    PAI U 2
    Semester 3

    ReplyDelete