Thursday, November 8, 2018

Iman Kepada hari akhir (Kiamat) part 1

Beriman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima, yaitu beriman kepada kepada yaumil akhir,

“Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat”, (Q. S Al-Baqarah: 4).

Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelum nabi Muhammad Saw ialah kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al-Quran seperti: Taurat, Zabur, Injil dan Shuhuf-Shuhuf yang tersebut dalam Al-Quran yang diturunkan kepada para rasul. Allah menurunkan kitab kepada rasul ialah dengan memberikan wahyu kepada Jibril as, lalu Jibril menyampaikannya kepada rasul.

Yakin ialah kepercayaan yang kuat dengan tidak dicampuri keraguan sedikitpun. Akhirat merupakan lawan dunia. Kehidupan akhirat ialah kehidupan sesudah dunia berakhir. Yakin akan adanya kehidupan akhirat ialah benar-benar percaya akan adanya kehidupan sesudah dunia berakhir.

“Dan Sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur”, (Q. S Al- Hajj: 7).

Pengertian hari akhir (Kiamat)
Hari akhir juga merupakan hari akhir kehidupan seluruh manusia dan makhluk hidup didunia yang harus kita percayai kebenaran adanya yang menjadi jembatan untuk menuju kekehidupan selanjutnya di khirat yang kekal dan abadi.

Hari akhir ialah suatu hari dimana dunia dan seisinya mengalami kehancuran dan kebinasaaan. Hari akhir merupakan rukun iman ke-5 yang wajib kita imani dan tak ada satupun orang yang mengetahui kapan terjadi hari kiamat itu.

Hari akhir (kiamat) adalah suatu hari dimana semua arwah dikembalikan kepada jasad atau tulang sulbi, dan manusia dihidupkan kembali sesudah dimatikan.

“Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?”, (Q. S Al-Baqarah: 28)

Hari kebangkitan adalah suatu hari dimana semua manusia dibagkitkan dari kubur mereka pada hari kiamat dengan bentuk mereka yang maklum, setelah jasad-jasad mereka hancur, untuk dibalas setiap apa yang telah dikerjakan didunia.

“(yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran - lembaran kertas. sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama Begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; Sesungguhnya kamilah yang akan melaksanakannya”, (Q. S Al-Anbiya: 104)

Kapan Datang Hari Kiamat
Penjelasan datangnya hari kiamat menurut al-Quran Surat Al-A’raf ayat 187, yaitu:

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui", (Q. S al-A’raf: 187).

Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 63 juga menjelaskan tentang datangnya hari kimat, yaitu:

“Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah". dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh Jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya”, (Q. S Al-Ahzab: 63).

Hadits riwayat Muslim menjelaskan:

قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ، قَالَ: مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ
“... Jibril berkata kepada Nabi Muhammad Saw, maka khabarkan olehmu kepadaku tentang hari kiamat? Nabi Muhammad Saw bersabda: tidakkah yang bertanya tentang hari kiamat itu lebih mengetahui dari pada yang bertanya...”, H. R Muslim).

Tanda-tanda akan datangnya hari akhir
Berdasarkan keterangan yang berasal dari ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadis, terjadinya hari akhir atau hari Kiamat didahului tanda-tandanya. Tanda-tanda hari akhir/kiamat terbagi atas 2 yaitu tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar.

Tanda-tanda kecil akan terjadinya hari kiamat adalah:

“Perhatikanlah enam tanda-tanda hari kiamat, yaitu 1) wafatku, 2)penaklukan Baitul Maqdist, 3) wabah kematian, 4) melimpahnya harta sehingga seorang yang diberikan kepadanya 100 dinar, ia tidak rela menerimanya, 5) timbulnya fitnah yang tidak meninggalkan satu rumah orang Arab pun melainkan pasti memasukinya, dan 6) terjadinya perdamaian antara kalian dengan bani Asraf (bangsa Romawi) namun mereka melanggarnya dan mendatangi kalian dengan 80 kelompok besar, seiap kelompok terdiri dari 12 ribu orang”, (H. R Bukhari).

Juga Rasulullah Saw bersabda dalam hadits yang lain:
“Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat adalah diangkanya ilmu, tersebarnya kebodohan, diminumnya khamar, dan merajalelanya perzinaan, (H. R Bukhari).

Sedangkan tanda-tanda besar akan terjadinya hari kiamat adalah:

“Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan Malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau Dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: "Tunggulah olehmu Sesungguhnya Kamipun menunggu (pula)", (Q. S al-An’am: 158).

Rasulullah Saw bersabda:
“Hari kiamat tidak akan terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda, yaitu 1) Penenggalaman permukaan bumi di Timur, 2) penenggalaman permukaan bumi di Barat, 3) penenggalaman permukaan bumi di Jazirah Arab, 4) keluarnya asap, 5) keluarnya Dajjal, 6) keluarnya binatang besar, 7) keluarnya Ya’juz dan Ma;juz, 8) terbitnya matahari dari barat, 9) api yang keluar dari dasar bumi ‘Adn yang menggiring manusia, dan 10) turunya Nabi Isa ‘alaihi salam”, ( H. R Muslim).

Rasulullah Saw juga bersabda:
“ Tidak akan terjadi Kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat, jika ia telah terbit, lalu manusia menyaksikannya, maka semua orang akan beriman, ketika itu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya”, (H. R Bukhari-Muslim).

Rasulullah juga menceritakan tentang arah perginya matahari.

“Tahukah kalian ke mana perginya matahari (saat itu)?” Para Sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau bersabda, “Sesungguhnya matahari ini berjalan hingga sampai ke tempat menetapnya di bawah ‘Arsy, lalu dia tersungkur sujud, dan senantiasa demikian hingga dikatakan kepadanya, ‘Bangunlah! Kembalilah ke tempatmu pertama kali datang.’ Kemudian dia kembali datang di waktu pagi dan terbit dari tempat terbitnya, kemudian dia berjalan hingga sampai ke tempat menetapnya di bawah ‘Arsy, lalu dia tersungkur sujud, dan senantiasa demikian hingga dikatakan kepadanya, ‘Bangunlah! Kembalilah ke tempatmu pertama kali datang.’ Kemudian dia kembali datang waktu pagi dan terbit dari tempat terbitnya, kemudian dia berjalan lagi sementara manusia tidak mengingkarinya sedikit pun hingga dia kembali ke tempat menetapnya di bawah ‘Arsy, hingga dikatakan kepadanya, ‘Bangunlah! Terbitlah dari tempamu terbenam.’ Kemudian dia kembali datang di waktu pagi dan terbit dari tempat terbenamnya.’” Selanjutnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apakah kalian tahu kapan itu terjadi? Hal itu terjadi ketika tidak bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya”, (H. R Muslim).

Allah berfirman dalam Surat Az-Zumar ayat 67, yaitu:

“Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan”, (Q.S Az- Zumar: 67)

Kemudian Allah Swt juga berfirman:

“Dan ditiuplah sangkakala, Maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi Maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)”, (Q. S Az-Zumar: 68).




25 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah dengan adanya materi ini sungguh sangat membantu saya untuk belajar dan mencari bahan untuk kuliah... Dan dengan adanya materi ini pun telah menambah wawasan saya tentang hari kiamat, terutama pada tanda tanda hari kiamat Yang keluar asap dan keluar binatang besar... Terima kasih ustad untuk materi nya..

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah setelah saya membaca materi ustadz khususnya tentang hari kiamat.. Banyak sekali hal yang bermanfaat yang bisa saya ambil dari materi tersebut. Apalagi saya seorang mahasiswa yg masih dalam proses pembelajaran tentu materi tersebut sangat membantu saya. Dan semoga materi tersebut bermanfaat bagi semua orang.
    Syukran katsiran Ustadz semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum ustad,setelah membaca materi ustad tentang hari kiamat,saya jadi lebih mengetahui secara mendalam tentang isi materi tersebut dan sangat bermanfaat bagi saya serta sangat membantu perkuliahan saya,dan semoga materi ini dapat menambah wawasan saya dan oranglain pula.
    Doa saya semoga ustad selalu diberi kesehatan oleh Allah swt. :)

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum ustad saya LIFIANI dari PAI unit 3 semester 3
    Menurut saya materi pada blog ustad mengenai iman kepada hari akhir ini sangat bermanfaat dan membantu kami semua dalam belajar dengan materi ini saya jadi mengetahui tentang beriman kepada hari akhir ini apa yang terjadi pada hari akhir itu,apa ganjaran bagi seseorang yang tidak mau beriman kepada hari akhir
    Saya berharap blog ustad terus berkembang juga memberi manfaat kepada kami semuaa
    Harapan dan doa saya semoga ustad selalu sehat agar terus bisa memberi ilmu dan manfaat kepada kami semua
    Syukran ustadd

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Nama : Safrina dewi
    prodi: PAI unit 3

    Assalamualaikum ustad.
    setelah saya membaca tentang penjelasan mengenai hari akhir tersebut,saya lebih memahami dan mengerti tentang hari akhir.dan juga menambah wawasan dan pemahaman saya tentang materi hari akhir.
    terimakasih ustad atas penjelasan materinya.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nama : Safrina dewi
    prodi: PAI unit 3

    Assalamualaikum ustad.
    setelah saya membaca tentang penjelasan mengenai hari akhir tersebut,saya lebih memahami dan mengerti tentang hari akhir.dan juga menambah wawasan dan pemahaman saya tentang materi hari akhir.
    terimakasih ustad atas penjelasan materinya.

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum pak,Saya kamiliani suri dari PAI unit 3 semester 3 setelah saya membaca aritikel bapak.. Saya semakin memahami dan mengerti mengenai hari akhir tersebut dan artikel ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran saya sebagai mahasiswa kedepannya.
    Dan saya berharap blog bapak semakin berkembang kedepannya dan yang paling saya harapkan semoga bapak sehat selalu supaya terus bisa memberikan ilmu kepada kami..
    Syukran ustad

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum ustad,saya rizki nanda funni
    Setelah saya membaca blog yang ustad buat tentang iman kepada hari akhir, dapat menambah wawasan saya dan banyak mengetahui tentang hari akhir, dan saya tahu apa ganjaran yang akan di terima seseorang dengan apa yang telah di lakukan nya semasa hidup nya, dan blog ini sangat bermanfaat bagi kami semua yang membacanya.

    ReplyDelete
  13. Nama:wilda ulfa
    Prodi: pai unit 3

    Assalamualaikum ustad..
    Setelah saya membaca materi ustad alhamdulillah banyak sekali manfaat yang bisa saya ambil dari materi tersebut.terimakasih ustad atas materinya...semoga bermanfaat bagi banyak orang
    Terus berkarya ustad semoga ustad selalu diberikan kesehatan

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah dengan materi yg ustadz sampaikan sangat bermafaat pada diri saya ,dan sangat berguna itk saya kedepannya,makasi atas ilmu ny ,semoga bermanfaat bagi semua orang

    ReplyDelete
  15. Nama: Rizka Zahara
    Menurut saya blog ustaz tentang iman kepada hari akhir itu sangat bermanfaat dan sangat menambah wawasan saya. Apa yang saya tidak tau sehingga menjadi tau blog ini juga membantu perkuliahan saya
    Saya berharap blog ini terus berkembang dan disukai banyak orang
    Doa saya semoga ustaz sehat selalu agar dapat memberi manfaat bagi orang banyak.

    ReplyDelete
  16. Nama: Rizka Zahara
    Menurut saya blog ustaz tentang iman kepada hari akhir itu sangat bermanfaat dan sangat menambah wawasan saya. Apa yang saya tidak tau sehingga menjadi tau blog ini juga membantu perkuliahan saya
    Saya berharap blog ini terus berkembang dan disukai banyak orang
    Doa saya semoga ustaz sehat selalu agar dapat memberi manfaat bagi orang banyak.

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum ustad.
    Saya Dilla Tamara dari PAI unit 3,saya sudah membaca materi hari akhir pada blog bapak,Alhamdulillah saya lebih memahami dan lebih menambah wawasan saya tentang hari akhir,tentunya juga dapat menambah keimanan dalam diri saya tentang hari akhir.
    Terimakasih pak atas materinya,semoga bermanfaat untuk kami dan untuk bapak juga.

    ReplyDelete
  18. Nama:cut fadlina
    Nim :2017210176
    Pai unit 3
    Alhamdulillah,,dengan adanya materi hari akhir ini,saya pribadi sangat menyukai artikel dari bapak karena saya bisa mengetahui bagaimana pedihnya gejolak pada hari akhir,saya berdoa semoga Allah memberikan bapak kesehatan selalu sehingga bisa berbagi ilmu nya melalui artikel dengan judul yang berbeda"..saya menentukan artikel bapak yang lainnya...

    ReplyDelete
  19. Nama:raudhatul jannah
    Nim :2017210021
    PAI Unit 3

    Assalamualaikum ustadz,
    Alhamdulillah, dengan adanya blog tentang iman kepada hari akhir ini, saya dapat lebih memahami tentang tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar akan datangnya hari kiamat, semoga ustadz dapat menambahkan lagi ilmu ilmu tentang keagamaan, dan dapat bermanfaat bagi semua yang membacanya... terimakasih ustadz...

    ReplyDelete
  20. Nama:raudhatul jannah
    Nim :2017210021
    PAI Unit 3

    Assalamualaikum ustadz,
    Alhamdulillah, dengan adanya blog tentang iman kepada hari akhir ini, saya dapat lebih memahami tentang tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar akan datangnya hari kiamat, semoga ustadz dapat menambahkan lagi ilmu ilmu tentang keagamaan, dan dapat bermanfaat bagi semua yang membacanya... terimakasih ustadz...

    ReplyDelete
  21. Nama :Nia fadilla
    Prodi:pai
    Assalamualaikum ustad
    Setelah saya membaca blog yang ustad buat tentang iman kepada hari akhir, dapat menambah wawasan saya dan banyak mengetahui tentang hari akhir, dan saya tahu apa ganjaran yang akan di terima seseorang dengan apa yang telah di lakukan nya semasa hidup nya, dan blog ini sangat bermanfaat bagi kami semua yang membacanya.

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum ustadz,
    Saya Susmaniar Sm
    Dari PAI unit 3
    Alhamdulillah setelah saya membaca blog ustadz,banyak sekali hal hal yang bermanfaat yang dapat saya ketahui dan saya pelajari,dengan adanya materi yang ustadz sampaikan tentunya itu bisa membantu perkuliahan saya,terimakasih ustadz atas ilmu yang telah ustadz ajarkan kepada kami semua,
    Semoga ustadz selalu diberikan kesehatan dan bisa memberikan materi materi lainnya,

    ReplyDelete
  23. Nama :Nia fadilla
    Prodi pai
    Assalamualaikum ustad
    Setelah saya membaca blog yang ustad buat tentang iman kepada hari akhir, dapat menambah wawasan saya dan banyak mengetahui tentang hari akhir, dan saya tahu apa ganjaran yang akan di terima seseorang dengan apa yang telah di lakukan nya semasa hidup nya, dan blog ini sangat bermanfaat bagi kami semua yang membacanya.

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum,
    pak saya Syahrul Ramadhani,dari PAI Unit3.Alhamdulillah dengan membaca blog bapak,khususnya tentang hari akhir.alhamdulilah ilmu saya semakin bertambah dan wawasan saya luas,dengan adanya blogg seperti yang bapak buat semoga blogger bapak semakin bermanfaat bagi kita semua,amin.semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan kekuatan dalam melakukan pekerjaan bapak,amin.
    Itu saja dari saya.
    Wassalamu'alaikum.

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum ustad.
    Syukran jaziran.
    Saya siti nurhaliza dari PAI unit 3,saya sudah membaca materi hari akhir pada blog bapak,Alhamdulillah saya lebih memahami dan lebih menambah wawasan saya tentang hari akhir,tentunya juga saya dapat menambah keimanan dalam diri saya tentang hari akhir.
    Terimakasih pak atas materinya,semoga bermanfaat untuk kami dan untuk bapak juga.

    ReplyDelete