Saturday, November 23, 2019

Tingkatan Para Ilmuwan Fiqih

Mujtahid Mustaqil 
Seorang Mujtahid yang mampu membuat qaedah sendiri yang menjadi landasan fiqih. Seperti para imam empat mazhab.

Mujtahid Mutlaq GhairuMustaqil
Yaitu seorang yang ada pada dirinya terdapat syarat yang dimiliki oleh mujtahid mutaqil tapi tidak mempu membuat qaedah sendiri melainkan menempuh jalan salah seorang imam Mazhab dalam berintihad.

Mujtahid Muqayyad
Disebutkan juga muntahid masalah-masalah yang tidak ada nash padanya atau mujtahid takhrij. Seperti al Kashaf, at Thahawi, al Kurkhi, al Khalwani, as Sarkhasi, al Bazdawi, dan Kadhi Khan dari mazhab Hanafi. Al Abhuri Ibnu Abi ,aid al Qaiwarani dari mazhab Maliki dan Abi Ishak asy Syirazi, al Madruzi, Muhammad bin Jarir dari mazhab Hanafi Abi Nashar dan Ibnu Khuzaimah dari mazhab Syafi'i dan al Qadhi Abi Ya'la al Kadhi Abi 'Ali bin Abi Musa dari mazhab Hambali.

Mujtahid tarjih
Yaitu seorang yang mampu mengunggulkan pendapat seorang imam Mazhab atas pendapat yang lain. Mereka seperti ar Rafi'l dan an Nawawi.

Mujtahid Fatwa
Seseorang yang hafal suatu mazhab, mengutipnya dan memahaminya berkaitan dengan masalah-masalah yang jelas dan musykil. Dan dia dapat membedakan pendapat kuat dan lenah, tetapi dia lemah menguraikan dalil-dalilnya, menjelaskan qias²nya, aeperti ar Rambi dan Ibnu Hajar dalam mazhab Syafi.

0 komentar:

Post a Comment