Wednesday, August 16, 2023

Allah Menjadikan Kamu dan Perbuatan Kamu

Soal

 Allah menjadikan kamu dan semua perbuatan kamu, adakah keluar sesuatu yang bukan perbuatan Allah Swt dari perkataan dan perkataan dan adakah dusta orang yang berdusta itu mahkluk (ciptaan) bagi orang yang berdusta atau mahkluk bagi Allah Swt, berdasarkan firman Allah Swt "Allah yang menjadikan setiap sesuatu".

Dan adakah tersalah atau tidak bagi orang yang berkata bahwasanya dusta itu mahkluk bagi Allah ?

Jawab

Bahwa semua perbuatan hamba itu mahkluk bagi Allah Swt lagi maujud (diperdapatkan) ia dengan diijad (dijadikan) akan dia dan Allah lah yang menjadikan keduanya itu.

Demikian lagi semua hewan itu mahkluk yang dijadikan oleh Allah Swt akan dia. berbeda dengan pendapat Mu'tazilah yang berkata bahwa hamba itu menjadikan perbuatan dirinya dengan tiada perusahaan Allah Swt.

demikian lagi perbuatan yang keluar dari perbuatan hamba seperti gerak cincin mengikut ia gerak jari dan itu makhluk yamng dijadikan Allah Swt bukan perbuatan hamba dan tiada dengan usaha hamba, berbeda pendapat dengan Jumhur Mu'tazilah.

dan setiap taat itu jadi dengan iradah Allah Swt dan kehendak Allah dan Kadha Qadar Allah Swt dan dikasih, diridha dan disuruh Allah Swt.

Dan semua maksiat dan kafir dengan iradah Allah dan Kadha dan Qadar Nya dan dibenci oleh Allah, dimurkai dan tiada disuruh serta tiada kasih dan tiada ridha Allah.

Dan segala perkara yang jahat dan yang luwat itu merupakan makhluk bagi Allah maka jangan disandarkan dia kepada Allah Swt, karena menuntut adab .

 Maka jagan dikatakan bahwasanya semua yang kotor dan buruk dan kafir itu dengan kehendak Allah Swt. Seperti jangan dikatan bahwa Allah yang menjadikan sesuatu yang luwat-luwat, kera dan babi.

Dan jangan disandarkam satu nama yang kotor dan buruk itu kepada Allah yang menjadikannya, tetapi dikatakan bahw Allah lah yang menjadikan sesuatu yang diperdapatkan  dan tiada sesuatu pun yang diperdapatkan itu melainkan dengan iradah Allah Swt.


0 komentar:

Post a Comment