Tuesday, December 24, 2019

Tentang Sujud Kepada Makhluk

Bolehkah Kita Sujud Kepada Selain Allah?

الردة شرعا قطع الاسلام بنية كفر او قول كفر او فعل كفر كسجود لصنم سواء كان على جهة الاستهزاء او العناد او الاعتقاد
(قوله كسجود لصنم) اي لشمش او قمر ومثل السجود الركوع لغير الله فيكفر به ان قصد تعظيمه كتعظيم الله والا حرم فقط (حاشية شيخ ابراهيم البطوري)
Murtad pada syara' adalah memutuskan Islam dg niat kafir atau perkataan kafir atau perbuatan kafir seperti sujud bagi patung, bersamaan sujud diatas jihat bergurau atau keras kepala atau beri'tikat.

(قوله كسجود لصنم) 
Atau bagi matahari atau bulan, persamaan sujud adalah ruku' bukan bagi selain Allah, maka kafirlah dengan sebab ruku' itu jika di qasad untuk membesarkan selain Allah seperti membesarkan Allah, dan jika ruku' bukan karena untuk ta'dhim nicaya hanya haram (Hasyiah Syack Ibrahim Bajuri, jilid 2, h. 256).

لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ، لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

“Seandainya aku boleh menyuruh seorang manusia untuk bersujud kepada manusia lainnya, niscaya akan aku suruh seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya” [HR. Tirmidzi]

وأما ما يفعله عوام الفقراء وشبههم من سجودهم بين يدي المشايخ – وربما كانوا محدثين – فهو حرام بإجماع المسلمين

“Adapun yang dilakukan oleh orang awam dan semisal mereka yaitu sujud kepada syaikh mereka –bisa jadi mereka ahli hadits” maka hukumnya haram dengan ijma’ kaum muslimin.” [Al-Majmu’ 2/79]

Ibnu Hajar Al-Haitami berkata,

ومنها ما يفعله كثيرون من الجهلة من السجود بين يدي المشايخ إذا قصدوا عبادتهم أو التـقـرب إليهم.لا إن قصدوا تعظيمهم أو أطلقوا فلا يكون كفراً بل هو حراماً قطعاً

“Di antaranya (pembatal keislaman) adalah yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang bodoh yaitu sujud kepada syaikh mereka dengan tujuan ibadah atau taqarrub. Apabila tujuannya untuk memuliakan atau tidak jelas tujuannya, hukumnya tidak kafir akan tetapi hukumnya jelas haram.” [Al-I’lam bi Qawathi’il Islam].

Kesimpulan:

Sujud dan ruku' kepada selain Allah ada 2, pertama: kalau di qasad untuk menta'dhimkan selain Allah seperti menta'dhimkan Allah adalah murtad, kedua, kalau sujud dan rukuk kepada selain Allah tanpa qasad ta'dhim maka hukumnya haram.

0 komentar:

Post a Comment