Saturday, July 29, 2023

Menikah Di Dalam Mesjid

 Kata saudara kita yang berinisial UMA bahwa nikah di mesjid  adalah Nikah kristiani, nikah islami adalah dirumah. Apakah benar ?🤭🤔

____________

Marilah kita perhatikan beberapa ibarat kitab pegangan mazhab Syafi'i seluruh dunia:

1. Komentar para ulama rujukan kita dari mazhab Syafi'i;Imam Ramli Syafi'i shaghir, Imam Syarwani, Imam Muhammad khathib Syarbaini dengan redeksi yang sama:

ويسن أن يتزوج في شوال، وأن يدخل فيه، وأن يعقد في المسجد، وأن يكون مع جمع، وأن يكون أول النهار لخبر: «اللهم بارك لأمتي في بكورها»

Artinya: "Disunnahkan nikah pada bulan Syawal, bergaul pada bulan itu juga, aqad di dalam mesjid, dihadiri banyak orang dan pada awal hari karena hadits " Yaa Allah berkahilah bagi ummat ku pada pagi harinya"

Nihayah: Jld: 6. Hal:186, hasyiah Syarwani wal ubadi ala Tuhfah: jld:7. Hal: 189. Mughnil Muhtaj: jld. 4. Hal: 2)


2. Komentar antar mazhab(sengaja kami mengambil rujukan kitab antar mazhab bukan dari kitab Madzhab itu langsung supaya lebih memudahkan dan rujukan ini dapat dipercaya dan juga sebenarnya untuk Aceh sudah cukup dengan komentar ulama Syafi'iyah. Namun, agar lebih bermakna kami juga menukil pendapat dalam mazhab lain.) 

ج - أَنْ يَعْقِدَ النِّكَاحَ فِي الْمَسْجِدِ:

٢٠ - قَال الْحَنَفِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ: يُنْدَبُ عَقْدُ النِّكَاحِ فِي الْمَسْجِدِ ( لِحَدِيثِ: «أَعْلِنُوا هَذَا النِّكَاحَ، وَاجْعَلُوهُ فِي الْمَسَاجِدِ، وَاضْرِبُوا عَلَيْهِ بِالدُّفُوفِ»  .

وَقَال الْمَالِكِيَّةُ: إِنَّهُ جَائِزٌ .

Artinya:"C - Bahwa akad nikah dilakukan di masjid:

 20 - Mazhab Hanafi dan Syafi'i mengatakan: Akad nikah disunnahkan di masjid (untuk hadits: "Umumkan pernikahan ini, dan adakan di masjid, dan Pukul untuknya dengan rebana.

 Mazhab Maliki berkata: Itu diperbolehkan."

(Al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah: jld. 41 , hal: 221.)

Wallahu a'lam.

0 komentar:

Post a Comment